31 C
Makassar
Senin, Januari 24, 2022
BerandaHealthKenali Gejala Kanker Paru Pada wanita

Kenali Gejala Kanker Paru Pada wanita

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru, dilansir dari Wikipedia. Bila tidak dirawat, pertumbuhan sel ini dapat menyebar ke luar dari paru-paru melalui suatu proses yang disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau bagian tubuh yang lainnya.

Kanker Paru pada wanita memang kadang sulit dideteksi dini. Selain itu, karena selama ini kanker paru lebih banyak dikaitkan dengan laki-laki, dunia medis dan awam jadi lebih fokus pada tanda-tandanya pada pria.

Dilansir dari hellosehat.com, pada laki-laki, tanda utama kanker paru biasanya dimulai dengan batuk yang tidak kunjung sembuh. Sedangkan pada wanita, keluhan yang pertama kali dirasakan biasanya justru bukan batuk-batuk, melainkan mudah ngos-ngosan.

BACA: Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Wanita dengan kanker paru stadium awal mungkin merasakan napasnya gampang tersengal-sengal dan badan jadi mudah capek. Terkadang, kondisi ini disalahartikan sebagai gejala kurang olahraga atau obesitas. Akibatnya, dalam kebanyakan kasus kanker paru pada wanita baru akan terdeteksi ketika sel kankernya sudah menyebar ke organ lain.

Selain dua ciri kanker paru pada perempuan tersebut, perhatikan juga ciri lain kanker paru pada wanita seperti:

– Batuk
– Muntah darah
– Sering kena infeksi pernapasan berat badan turun drastis mengi (napas berbunyi lirih seperti ngik-ngik)
– Nyeri dada
– Suara serak

Bila Anda atau anggota keluarga Anda mengalami gejala-gejala kanker paru yang disebutkan di atas, segera periksa ke dokter, untuk lebih memastikan jenis penyakit yang dialami dan penanganan tepat dari dokter.

BACA JUGA :  4 Masalah Mental yang Menimbulkan Gejala Insomnia
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6