24 C
Makassar
Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaRagamKesebelasan Penyalahguna Narkoba di Makassar Diringkus Polisi

Kesebelasan Penyalahguna Narkoba di Makassar Diringkus Polisi

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Setidaknya ada 11 orang yang diringkus Satresnarkoba Polrestabes Makassar di pekan kedua bulan Ramadan. Mereka diduga sebagai jaringan penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

“Mereka tentunya sangat meresahkan dan sangat disayangkan di bulan suci Ramadan masih ada yang melakukan penyalahgunaan maupun peredaran sabu ini,” kata Kasat Resnarkoba Polrestabes Makassar, Kompol Diary Astetika, di Mapolrestabes Makassar, Jumat (24/5/2019).

11 orang itu diantaranya merupakan pengedar dan pemakai barang yang mengandung zat metamfetamin tersebut. Mereka diringkus petugas di sejumlah lokasi di Makassar; jalan Beroangin Makassar; jalan Siti Molah; dan jalan Kandea III; jalan Batua Raya.

Di jalan Beroangin, petugas meringkus Amir (27), FK (17), Salam (32) dan Kamaruddin (32). Lalu Arman Arsyad (30) dan Andi Edy Suprianto (31) di jalan Siti Molah. Sedang di jalan Kandea III petugas meringkus Muchlis (36). Dan terakhir, Rinto (34) dan Adnan (31).

“Jumlah (barang bukti) ada sekitar 40 gram totalnya semua, namun secara pasti kami harus menyesuaikan dengan pemeriksaan dari labfor,” kata Diary.

Berdasarkan dugaan polisi, si pengedar merupakan residivis dan DPO Satresnarkoba Polrestabes Makassar, “juga sudah TO (Target Operasi).”

“Yang mengambil narkoba ini disalah satu kabupaten di Sulawesi Selatan,” tambah Diary.

Kemungkinan kata Diary, diantara pelaku ini terlibat di jaringan narkoba di Malaysia.

Atas perbuatan mereka, polisi menggunakan pasal yang bermacam-macam. Untuk yang penyalahgunaan pasal 112, 114, maupun 127 ancaman minimal empat tahun dan maksimal 12 penjara.

“Dan untuk yang lima gram ke atas kami kenakan pasal 112 ayat 2 dan 114 ayat 2 junto 132 ancaman minimal lima tahun maksimal 20 tahun penjara hingga seumur hidup,” Diary menandaskan.

Penulis: Agus Mawan

spot_img

Headline