24 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeEdukasiKomentar Koordinator Satupena Sulsel Salah Satu Terbaik pada Obrolan Hati Pena #32

Komentar Koordinator Satupena Sulsel Salah Satu Terbaik pada Obrolan Hati Pena #32

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Rusdin Tompo, Koordinator Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Sulawesi Selatan, terpilih sebagai salah satu komentar terbaik, dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan 2022 dan Obrolan Hati Pena #32. Kegiatan bertema “Bagaimana Membangun Organisasi Penulis” itu, diadakan melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (31/3/2022).

Lelaki yang belakangan mendedikasikan diri sebagai penggiat literasi itu, menanggapi pernyataan Ketua Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA, saat memberikan pengantar tentang salah satu tujuan hadirnya Satupena. Yakni hendak mewujudkan ekosistem penulis yang sehat.

Di kolom komentar dalam webinar yang disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Hati Pena TV dan Facebook Channel Perkumpulan Penulis Indonesia-Satupena itu, Rusdin menulis bahwa ekosistem penulis yang sehat itu terdiri atas 4 sehat.

Pertama, sehat karya, dalam hal ini penulis kreatif dan produktif. Kedua, sehat komunitas, dalam hal ini ada aspek pemberdayaan yang dilakukan sebagai penulis. Meski penulis itu keterampilan personal tapi dia mesti bisa melakukan pemberdayaan komunal untuk mendorong dan memotivasi orang lain untuk juga menulis. Ketiga, sehat industri, yang bertalian dengan ikhtiar untuk memajukan penerbitan dan penjualan toko buku offline maupun online. Keempat, adalah sehat ekononi atau penghasilan, yang dapat memberi dampak bagi kesejahteraan penulis.

Rusdin sempat disapa oleh co-host, Amelia, untuk memberikan komentar atau pandangannya secara langsung. Tapi karena ada kendala teknologi, akhirnya dia tidak sempat berbicara dalam kegiatan yang dihadiri hampir 500 orang itu. Meski sempat mengangkat tangan (raise hand) di room tapi tidak terlihat oleh moderator.

Dari sekira 500 peserta, ada 70-an lebih chat di kolom komentar, dan sejumlah orang yang diberi kesempatan bertanya dan memberi tanggapan. Mereka itulah yang kemudian dipilih oleh tim. Ada 11 orang yang dinyatakan sebagai pemenang, di antaranya Rusdin Tompo, dan Hamri Manopo, Koordinator Pulau Sulawesi. Para pemenang berhak atas hadiah uang masing-masing sebesar Rp1 juta yang akan digunakan untuk membeli buku.

Kegiatan ini merupakan Rapat Anggota Tahunan 2022 dan Obrolan Hati Pena #32, bertema “Bagaimana Membangun Organisasi Penulis”.
Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 19.00-21.30 WIB itu, menghadirkan Denny JA, Chappy Hakim, dan Ajisatria Suleiman, sebagai pembicara. Acara dipandu oleh Swary Utami Dewi dan Amelia.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img