31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaPolitikKomunitas Nelayan di Gowa Dorong Ganjar Pranowo jadi Presiden

Komunitas Nelayan di Gowa Dorong Ganjar Pranowo jadi Presiden

PenulisM. Syawal
- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Komunitas Nelayan pesisir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia pada 2024 mendatang. Mereka menilai Ganjar pemimpin yang peduli terhadap nelayan.

Hal itu telah dibuktikan dengan berbagai program Ganjar untuk nelayan di Jawa Tengah (Jateng). Ada dua program unggulan untuk nelayan yang diapresiasi yaitu asurasi nelayan (Asnel) dan subsidi BBM bagi nelayan.

“Komunitas nelayan pesisir Kabupaten Gowa mendukung Bapak Ganjar menjadi presiden 2024. Bapak Ganjar sudah sukses dengan program-program beliau terutama untuk para nelayan,” kata Koordinator Komunitas Nelayan Wilayah Kabupaten Gowa, Angga, 34, usai deklarasi di Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (13/9/2022).

BACA JUGA :  Ribuan Nelayan di Sulsel Deklarasikan Ganjar jadi Presiden 2024

Menurut Angga, Ganjar Pranowo merupakan pemimpin dengan pengalaman yang relatif lengkap, baik di legislatif sebagai anggota DPR, maupun di eksekutif sebagai gubernur Jateng dua periode. Ganjar dinilai sebagai sosok yang humanis, berprestasi, cerdas, dan bisa merangkul semua kalangan.

Angga berharap, program Ganjar bagi nelayan bisa diterapkan dalam skala nasional. “Pak Ganjar itu orangnya terbuka untuk semua kalangan dan peduli pada nelayan. Terbukti, program beliau di Jateng yaitu asuransi untuk nelayan dan subsidi solar untuk nelayan,” ujar Angga.

Dalam rangkaian deklarasi dukungan untuk Ganjar, Komunitas Nelayan menggelar pelatihan keselamatan melaut untuk para nelayan. Kegiatan ini untuk meminimalisir adanya kecelakaan kerja saat nelayan melaut.

BACA JUGA :  Rizal Ramli Sambar Twit Ganjar Pranowo: Sok Filsafat

Pelatihan singkat itu diantaranya memberitahu waktu yang tepat untuk melaut. Nelayan dilatih untuk bisa memantau cuaca, navigasi, arah angin lewat berbagai aplikasi yang telah disediakan pemerintah.

Komunitas Nelayan yang hadir dalam deklarasi sebanyak 100 orang, perwakilan nelayan yang ada di Gowa. Mereka juga memberikan 100 paket sembako bagi nelayan yang hadir.

“Kami akan terus memberikan edukasi dan bantuan bagi nelayan, serta menggalang dukungan nelayan untuk menjadikan Ganjar Presiden 2024,” ujar Angga.

BACA JUGA :  Komunitas Nelayan di Barru Kompak Dukung Ganjar Capres 2024

Sebagai informasi, program asurasi nelayan (Asnel) yang digencarkan Ganjar Pranowo di Jateng mampu memberikan rasa aman bagi nelayan melalui proteksi asuransi. Tercatat, sejak pengguliran program Asnel Jateng dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak 2016- 2022, total 151.457 orang nelayan kecil terproteksi suransi.

Terbaru, Ganjar menyiapkan sejumlah program bantuan untuk meringankan beban masyarakat akibat penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Ganjar menyiapkan anggaran Rp 60 miliar untuk disalurkan kepada mereka yang berhak mendapatkan, termasuk untuk para nelayan.

spot_img

Headline