27 C
Makassar
Thursday, May 23, 2024
HomePolitikKPU Parepare Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

KPU Parepare Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

PenulisLuki Amima
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – KPU Kota Parepare mengikuti kegiatan peluncuran Tahapan Pemilu 2024 secara serentak, di Media Centre KPU Parepare, Selasa (14/6/2022).

Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husain mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini termuat dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

Hasruddin menjelaskan, dalam PKPU tersebut termuat tahapan penyelenggaraan Pemilu yang meliputi perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pendaftaran dan verifikasi Peserta Pemilu, penetapan Peserta Pemilu, penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan.

“Selanjutnya, pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, masa Kampanye Pemilu, Masa Tenang, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan hasil Pemilu, hingga pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota,” paparnya.

Sementara, sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengemukakan, pemerintah mendukung penuh pelaksanaan tahapan Pemilu maupun Pilkada yang dilaksanakan KPU RI. Sehingga, kata dia, Presiden memerintahkan jajarannya untuk memberikan dukungan penuh kepada KPU RI.

“KPU tidak perlu ragu melaksanakan Pemilu dan diharapkan dapat melaksanakan Pemilu yang akuntabel, efisien, aman, dan damai. KPU juga diharapkan menjaga kualitas Pemilu agar Indonesia bisa menjadi rujukan dunia,” ungkapnya.

KPU diharapkan pula dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan memberikan pendidikan politik yang baik, karena hal itu dapat menentukan perjalanan bangsa ke depannya.

“Hadirkan kampanye berkualitas tanpa melibatkan banyak orang, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Kita terbukti telah sukses melaksanakan Pilkada dimasa pandemi,” tandasnya.

spot_img

Headline

Populer

spot_img