32 C
Makassar
Tuesday, May 21, 2024
HomeMetropolisKumham Sulsel, UNHCR, & IoM Akan Menggelar Dialog “Membangun Kohesi Sosial Pengungsi...

Kumham Sulsel, UNHCR, & IoM Akan Menggelar Dialog “Membangun Kohesi Sosial Pengungsi Luar Negeri

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Jaya Saputra mengatakan (06/02), pihaknya akan menggelar dialog (talk show) terkait fenomena sosial keberadaan pencari suaka dan pengungsi di Kota Makassar besok Selasa (07/02) di Gedung Mulo.

“Talk show ini membahas tentang membangun kohesi sosial pengungsi luar negeri di Kota Makassar. Narasumber yang dihadirkan terkait langsung dengan penanganan pencari suaka dan pengungsi dari luar negeri, diantaranya perwakilan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), perwakilan International Organization for Migration (IOM), Sosiolog Universitas Hasanuddin selaku pengamat sosial, dan saya sendiri selaku Pembina UPT Keimigrasian di Sulsel,” jelas Jaya.

Lanjut Jaya, “kegiatan ini akan dirangkaikan dengan Food And Art Festival yang dipersembahkan oleh para pencari suaka dan pengungsi dan terbuka untuk masyarakat umum. Jadi para pengunjung nantinya bisa mencicipi kuliner dan mencoba beragam hasil karya seni mereka sesuai dengan asal negara seperti kebab, Henna Art, dan tari tradisional.”

Kegiatan ini secara teknis dilaksanakan oleh Rumah Detensi Imigrasi Makassar dan akan dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak.

Jaya berharap partisipasi publik dalam talkshow ini, sehingga isu-isu yang muncul dalam kegiatan nantinya akan menjadi bahan pertimbangan unit organisasi terkait dalam merumuskan kebijakan termasuk Kementerian Hukum dan HAM khususnya Direktorat jenderal imigrasi dalam penanganan pencari Suaka dan Pengungsi.

spot_img

Headline

Populer

spot_img