31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaHealthLangkah Sederhana untuk Cegah Malas Berolahraga

Langkah Sederhana untuk Cegah Malas Berolahraga

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jika rutin dilakukan, ada banyak sekali manfaat kesehatan dari olahraga yang dapat diperoleh oleh tubuh. Misalnya seperti memperbaiki postur tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, menurunkan risiko berbagai penyakit, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu menjaga kesehatan kulit. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu atau kemauan yang kuat untuk berolahraga secara rutin. Sebab, sebagian orang yang sibuk sudah terlanjur malas untuk berolahraga.

Nah, jika kamu salah satunya, sebenarnya kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Sebab, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah malas olahraga.

Terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk membantumu terhindar dari rasa malas berolahraga. Berikut adalah langkahnya:

1. Menggunakan Perhitungan 10 Kali

Aktivitas dan rutinitas yang padat setiap harinya memang dapat membuatmu terlanjur malas untuk berolahraga. Namun, cobalah untuk secara sebentar menyempatkan diri dengan melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap fit.  Saat melakukannya, kamu bisa menggunakan perhitungan 10 kali, yaitu 10 kali push up, dan 10 kali sit up, setiap harinya meski tidak berurutan. Cara ini diharapkan dapat membuat tubuh dan dirimu untuk terbiasa dengan kebiasaan baru ini. Nantinya, jika kamu sudah terbiasa, kamu tentunya dapat meningkatkan jumlah angka dari kedua olahraga itu, dan meningkatkan intensitasnya.

2. Berjalan Kaki Setidaknya 20 Menit

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, sebenarnya tidak memerlukan olahraga berat. Karena itu, agar kamu tetap dapat berolahraga, kamu dapat meluangkan waktu setiap harinya untuk jalan santai. Lakukan jalan santai setidaknya 20 menit per harinya. Agar dapat membagi waktu dengan baik, pastikan untuk menyesuaikan jalan santai tersebut dengan aktivitas dan rutinitasmu. Sebagai contoh, jika kamu biasa naik kereta untuk berangkat kerja, lalu dilanjutkan dengan ojek online, sampai ke kantor, cobalah untuk langsung berjalan kaki setelah turun dari kereta. Jika jarak antara stasiun dan kantor terlalu jauh, kamu bisa mencoba jalan santai 20 menit saat tengah memesan makan siang di jam istirahat.

3. Sering Berdiri

Kebiasaan duduk terlalu lama memang diketahui dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan. Terlebih lagi duduk dengan posisi membungkuk di depan layar komputer. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, penting untuk berusaha bangun dari kursi dan berdiri selama beberapa menit. Lakukan hal ini setidaknya sekali dalam satu jam, baik untuk pergi ke toilet, mengambil air minum, atau menghirup udara segar. Agar mengganti posisi dapat dilakukan dengan lebih optimal, kamu juga dapat menggunakan aplikasi olahraga yang dapat mengingatkanmu untuk kembali berdiri setiap beberapa jam sekali.

4. Olahraga di Rumah

Hal yang kerap menjadi hambatan seseorang untuk berolahraga adalah malas meninggalkan rumah, ketika memiliki waktu luang. Sebagai solusinya, kamu tetap dapat berolahraga di rumah dengan menggunakan tutorial dari internet. Misalnya seperti latihan tricep dips dan lunge, atau melatih otot perut.

Itulah beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah malas berolahraga. Aktivitas dan rutinitas yang padat memang dapat membuat seseorang untuk terlanjur malas berolahraga. Namun, hal ini jangan sampai menjadi alasan yang membuatmu untuk tidak aktif bergerak selama seharian penuh. Sebab, kualitas olahraga tidaklah tergantung pada berapa lama durasinya. Latihan apa pun sangat bagus dan hal terpenting saat pertama kali memulai adalah dengan terlebih dahulu bergerak.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline