26 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaEdukasiLisan Gugah Minat Anak Gemar Membaca Lewat Dongeng

Lisan Gugah Minat Anak Gemar Membaca Lewat Dongeng

PenulisAndika
- Advertisement -

MAKASSAR,SULSELEKSPRES.COM – Banyak cara dilakukan untuk menggugah anak-anak agar gemar membaca. Salah satunya lewat mendongeng atau bercerita.

Penggiat literasi yang tergabung dalam LISAN menggunakan pendekatan dongeng ini ketika tampil di SD Inpres Banta-bantaeng 1, Makassar pada Kamis (17/3/2022) kemarin.

Cerita yang dibawakan oleh pendongeng Mami Kiko ini berjudul “Monyet Kecil dan Bukunya”. Kisah monyet kecil ini disampaikan secara menarik, apalagi Mami Kiko membawakan materinya dengan ditemani boneka Kiko. Kegiatan ini diadakan menyongsong Hari Dongeng Sedunia.

Hari Dongeng Sedunia, biasa diperingati setiap tanggal 20 Maret. Kegiatan mendongeng yang diadakan di teras sekolah ini diikuti oleh murid-murid kelas 1-6. Pendekatan dongeng ini merupakan bagian dari Program Pacarita, akronim dari Panggung Cerita Ceria Kita.

“Monyet Kecil dan Bukunya” bercerita tentang seekor monyet kecil yang tinggal bersama neneknya. Sepulang sekolah, monyet kecil itu sedih dan tak percaya diri karena diejek kecil, bodoh dan bau. Neneknya kemudian menyarankan agar dia rajin membaca supaya tahu jawabannya, kenapa temannya bilang begitu kepadanya.

Menurut Mami Kiko, pesan moral dari cerita ini ingin mengingatkan pada anak-anak bahwa hidup itu selalu ada masalah. Monyet kecil memang kecil karena masih kecil dan belum banyak tahu. Dia bau lantaran belum bisa mandi sendiri 2x sehari karena masih kecil. Dikhawatirkan dia akan terseret derasnya air sungai bila pergi mandi sendiri.

Setelah si monyet banyak membaca dan belajar, akhirnya dia banyak tahu. Tak cuma itu, bahkan monyet kecil menjadi juara. Dia disukai semua binatang di hutan karena kepintarannya.

Mami Kiko melihat respons anak-anak dan guru begitu antusias. Mereka terkesan senang mendengarkan cerita yang dibawakan. Dia berharap, melalui dongeng bisa menginspirasi mereka untuk lebih suka membaca.

spot_img
spot_img

Headline