28 C
Makassar
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaHealthManfaat Masker Lemon untuk Wajah

Manfaat Masker Lemon untuk Wajah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Selain diolah dalam bentuk minuman, kini semakin banyak produk kecantikan dengan bahan dasar lemon yang beredar di pasaran, termasuk masker wajah. Lemon sendiri kerap digunakan sebagai masker wajah alami karena memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Beragam manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, protein, beta karoten, asam sitrat, hingga antioksidan seperti flavonoid.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker lemon yang bisa kamu peroleh bila rutin menggunakannya:

BACA JUGA :  Dampak Merokok bagi Kulit

1. Mengatasi dan mencegah jerawat

Asam sitrat merupakan sejenis AHA alami yang bisa ditemukan di dalam buah citrus, termasuk lemon. Kandungan asam sitrat pada lemon ini diduga dapat mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat dan mengatasi peradangan akibat jerawat di wajah.

Selain itu, kandungan asam sitrat ini juga dapat memecah sel kulit mati yang bisa menyebabkan komedo dan jerawat.

BACA JUGA :  Varian Baru Virus Corona Lebih Ganas, Pakai Masker Secara Tepat

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat masker lemon satu ini berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Ini karena vitamin C diduga mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein penting yang berfungsi untuk mempertahankan kesehatan dan elastisitas kulit.

Dengan begitu, tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam, kerutan, dan wajah kendur, bisa teratasi dengan rutin menggunakan masker lemon ini.

3. Mencerahkan wajah

Penggunaan masker lemon secara rutin diduga mampu membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dalam lemon yang mampu melawan radikal bebas, salah satu penyebab terjadinya kulit kusam.

BACA JUGA :  Kenali Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Selain itu, kandungan asam sitrat dalam lemon juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan mulus.

4. Mencegah hiperpigmentasi kulit

Manfaat masker lemon selanjutnya adalah mencegah hiperpigmentasi kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam lemon diduga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Meski begitu, sebaiknya kamu dianjurkan untuk tetap menggunakan sunscreen apabila ingin beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindungi dari paparan sinar UV.

5. Mencegah kanker kulit

Manfaat masker lemon dalam mencegah kanker kulit ini berasal dari kandungan limonene dan narigenin dalam lemon. Kedua kandungan tersebut diduga memiliki efek antikanker yang mampu mencegah perkembangan sel kanker.

Namun, penelitian ini masih sebatas uji laboratorium dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas lemon dalam mencegah kanker kulit.(Alodokter)

spot_img

Headline

Populer