26 C
Makassar
Wednesday, April 17, 2024
HomeHealthManfaat Telur Ayam Kampung

Manfaat Telur Ayam Kampung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sebutir telur ayam kampung mengandung sekitar 35−40 kkal. Selain itu, telur ayam kampung kaya akan protein serta berbagai nutrisi lain, seperti lemak, fosfor, kalsium, kalium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan biotin.

Berkat nutrisi tersebut, konsumsi telur ayam kampung dapat memberikan manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan energi

Mengonsumsi telur ayam kampung bisa membuat tubuh lebih bertenaga. Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan protein, lemak, dan fosfor di dalamnya. Terlebih, telur ayam kampung juga mengandung zat besi dan zinc yang berperan dalam menambah energi.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh bisa diperkuat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, beta karoten, dan zinc, seperti telur ayam kampung. Zat-zat gizi tersebut dapat mengaktifkan sel-sel imun, sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Menjaga kekuatan otot

Telur ayam kampung merupakan sumber fosfor yang baik. Mineral ini berperan penting dalam menjaga fungsi otot-otot tubuh dan mendukung pemulihan otot setelah berolahraga. Selain itu, protein dalam telur ayam kampung juga diketahui mampu membentuk dan mempertahankan massa otot.

4. Mencegah tulang keropos

Kepadatan tulang bisa menurun seiring pertambahan usia, sehingga dapat membuat tulang menjadi keropos. Untuk mencegahnya, perbaiki pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan kaya protein, kalsium, kalium, dan fosfor yang bisa diperoleh dari telur ayam kampung.

5. Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Untuk mendapatkan rambut berkilau serta tidak mudah rontok dan patah, Anda bisa cukupi kebutuhan biotin yang bisa didapatkan dari konsumsi telur ayam kampung. Biotin dan asam amino di dalam telur ayam kampung juga membuat kuku tidak mudah rapuh.

6. Menjaga kesehatan otak

Kuning telur kaya akan kandungan kolin yang diketahui berdampak baik pada fungsi otak dalam mengingat, berpikir, dan memproses informasi. Telur juga tinggi triptofan, yaitu jenis asam amino esensial yang dapat memicu produksi hormon bahagia, seperti hormon serotonin.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Tubuh yang kekurangan vitamin A berisiko tinggi mengalami penyakit mata, seperti degerasi makula atau katarak. Kabar baiknya, telur ayam kampung juga merupakan sumber vitamin A, sehingga dapat mencukupi kebutuhan vitamin A harian agar Anda terhindar dari penyakit mata.

8. Meningkatkan kesuburan pria

Konsumsi telur ayam kampung dipercaya bisa menjadi pengobatan pendukung bagi pria yang memiliki masalah kesuburan. Hal ini karena, kandungan zinc pada telur ayam kampung diketahui baik untuk meningkatkan kualitas sperma.

Itulah berbagai manfaat telur ayam kampung yang bisa Anda peroleh. Jika dilihat dari budi daya serta kandungan nutrisinya, telur ayam kampung memang lebih unggul dan menyehatkan jika dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Bila Anda takut mengonsumsi telur ayam karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, telur ayam kampung bisa jadi pilihan yang tepat. Hal ini karena jenis telur ini mengandung kolesterol dan lemak yang lebih rendah daripada telur ayam negeri.

Meski bermanfaat bagi kesehatan, Anda dianjurkan untuk konsumsi telur ayam kampung dengan bijak, ya. Telur ayam tergolong aman dikonsumsi sebanyak 1 butir utuh dalam sehari. Selain itu, agar lebih sehat, masaklah telur ayam kampung dengan cara direbus atau dengan teknik poach.

Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti alergi telur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai jumlah aman konsumsi telur ayam kampung yang sesuai dengan kesehatan Anda.

spot_img

Headline

Populer

spot_img