26 C
Makassar
Senin, September 20, 2021
BerandaHealthMasih Bisa Terinfeksi, Ini Gejala COVID-19 Setelah Vaksin Lengkap

Masih Bisa Terinfeksi, Ini Gejala COVID-19 Setelah Vaksin Lengkap

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – COVID-19 masih bisa menyerang orang yang sudah melakukan vaksinasi. Bahkan, virus corona masih sangat mungkin menginfeksi orang yang sudah mendapatkan vaksin lengkap, yaitu dua dosis vaksin COVID-19.

Sebenarnya, mengapa hal ini bisa terjadi? Apa saja gejala yang bisa muncul pada orang yang terinfeksi virus setelah mendapatkan vaksin lengkap?

Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan infeksi virus corona, termasuk pada orang yang sudah mendapatkan vaksin. Secara umum, hal ini bisa terjadi akibat paparan virus sebelum atau setelah mendapatkan vaksin. Perlu dipahami, virus memiliki masa inkubasi sehingga mungkin saja belum terdeteksi di awal.

Sementara itu, vaksin membutuhkan waktu beberapa hari hingga minggu untuk membangun kekebalan tubuh. Jika virus corona menyerang pada rentang waktu tersebut, risiko infeksi tentu menjadi nyata. Selain itu, meski vaksin COVID-19 sudah membentuk kekebalan tubuh, risiko terinfeksi COVID-19 juga masih mungkin terjadi. Hanya saja umumnya gejala yang dialami pasien tidak berat.

Gejala COVID-19, Meski Telah Vaksin Lengkap

Kabar baiknya, sejauh ini vaksin terbukti efektif dalam melindungi tubuh. Memang masih ada risiko terjadinya infeksi, terutama jika ada paparan virus. Meski belum ada penelitian yang membuktikannya, tapi ada dugaan bahwa perlindungan yang diberikan vaksin tidak berlangsung selamanya. Kamu mungkin harus mendapatkan vaksin kembali dalam jangka waktu tertentu, tujuannya untuk kembali merangsang pembentukan antibodi untuk melawan virus.

Kendati begitu, gejala COVID-19 pada orang yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap disebut lebih ringan karena sistem kekebalan tubuh telah terbentuk. Risiko munculnya komplikasi, bahkan kematian akibat infeksi virus juga menurun. Ada sejumlah gejala yang bisa muncul pada orang yang terinfeksi virus setelah mendapatkan vaksin, di antaranya:

BACA JUGA :  MotoGP makes tyre strategies easier to follow for 2017
BACA JUGA :  Cara Alami Hilangkan Komedo

Keluar cairan atau ingus dari hidung,
Mata terasa gatal,
Mudah merasa lelah,
Hilang penciuman (anosmia),
Sakit tenggorokan,
Sakit kepala.

Gejala-gejala tersebut mungkin muncul, akan tetapi bersifat ringan. Pada beberapa kasus, infeksi virus pada orang yang sudah divaksin bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Namun, perlu diingat kewaspadaan tetap harus dijaga dan sebaiknya selalu berhati-hati. Menerapkan gaya hidup sehat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan yang tepat, bisa membantu memutus rantai penularan virus penyebab COVID-19.

Lakukan Hal Ini Saat Terinfeksi
Boleh saja berharap untuk terhindar dari infeksi virus setelah divaksin. Namun, penting untuk menyadari bahwa kemungkinan selalu ada. Vaksin bisa bekerja secara efektif, tapi bukan berarti bisa secara langsung menggagalkan infeksi virus. Lantas, apa yang perlu dilakukan jika terinfeksi virus corona meskipun sudah mendapat vaksinasi lengkap?

Jawabannya isolasi mandiri. Terutama jika gejala yang muncul ringan, atau bahkan tidak ada sama sekali. Saat terkonfirmasi mengidap COVID-19, penting untuk segera melakukan isolasi mandiri di rumah selama 10 hari. Segera pisahkan diri dengan orang sekitar, misalnya orang yang tinggal satu rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus ke orang lain.

Untuk gejala ringan, isolasi mandiri dikatakan selesai ketika pasien melakukan isolasi mandiri minimal 10 hari, ditambah 3 hari tanpa gejala, terhitung sejak gejala pertama kali muncul. Hal yang perlu ditegaskan, pasien tidak boleh memutuskan selesai isolasi mandiri tanpa persetujuan dari dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Pada dasarnya, prosedur isolasi mandiri yang perlu dilakukan tidak jauh berbeda dengan yang selama ini diketahui. Pada pengidap COVID-19 yang sudah divaksin maupun belum, tata cara isolasi tetap sama.
Sumber: halodoc.com

BACA JUGA :  Cara Tepat Mengatasi Sakit Maag dan GERD
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.297,0
EUR
16.747,6
JPY
130,6
KRW
12,0
MYR
3.410,1
SGD
10.575,1
BACA JUGA :  MotoGP makes tyre strategies easier to follow for 2017
- Advertisment -