24 C
Makassar
Senin, Januari 30, 2023
BerandaDaerahMassifkan Gerakan Literasi, Pemkot Parepare Gelar Pemilihan Duta Baca

Massifkan Gerakan Literasi, Pemkot Parepare Gelar Pemilihan Duta Baca

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perpustakaan, menggelar pemilihan Duta Baca Kota Parepare. Tahapan kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 9 hingga 17 Desember mendatang.

Sekretaris Dinas Perpustakaan Parepare, Andi Herry Baso Rachim mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya meningkatkan minat baca, dan kegemaran membaca bagi generasi muda, khususnya pelajar pada tingkat SMA sederajat.

“Jadi, melalui Gerakan Parepare Macca (Membaca dan Bercerita) yang bertujuan untuk meningkatkan minat, dan budaya baca pada masyarakat, serta memasifkan gerakan literasi, maka diperlukan sosok atau figur generasi terpelajar yang juga dapat menyosialisasikan program-program Pemkot Parepare, yang berkaitan dengan pembudayaan kegeramaran membaca dan gerakan literasi pada pemilihan Duta Baca ini,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Sementara, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan Parepare, Adriani Chalik menjelaskan, adapun peserta yang diharapkan mengikuti kegiatan ini adalah semua pelajar tingkat SMA sederaja yang mempunyai hobi membaca, dan tentunya yang mencintai buku sebagai salah satu sumber informasi, serta membuat tulisan essai dengan Tema “Parepare Kota Cinta”.

“Setelah semua berkas terpenuhi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, maka pemilihan duta baca ini akan melalui dua tahapan yaitu tahapan seleksi administrasi dan tahap audisi,” jelasnya.

Adriani menerangkan, pada tahap seleksi administarsi, tentu dengan melampirkan surat tugas dari sekolah masing-masing, kartu pelajar dan tulisan essai yang dimaksud.

Lanjut Adriani, setelah melalui tahap seleksi administrasi, maka 10 peserta akan masuk sebagai finalis, dan selanjutnya dilakukan audisi yaitu tes menulis dan wawancara. Hasil dari audisi tersebut, katanya, akan ditetapkan sebagai juara Duta Baca

“Diharapkan dengan adanya duta baca ini, dapat menjadi motivasi bagi pelajar dalam mengembangkan gerakan literasi di sekolah, dengan menumbuhkembangkan minat baca, menulis dan penyebaran informasi lain yang berhubungan dengan literasi. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan berkunjung ke Dinas Perpustakaan Kota Parepare di Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie No.1,” tandasnya.

BACA JUGA :  Pemkot Mantapkan RDUD Andi Makkasau Sebagai RS Rujukan Utara Sulsel
spot_img

Headline

Populer