31 C
Makassar
Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaHealthMengenal Love Bombing, Bentuk Manipulasi yang Berbahaya

Mengenal Love Bombing, Bentuk Manipulasi yang Berbahaya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COMlove bombing adalah salah satu jenis hubungan yang sebaiknya dihindari. Nah, pasangan yang melakukan love bombing akan memberikan perhatian, kasih sayang, hingga hadiah secara berlebihan dengan tujuan memanipulasi hubungan.

Biasanya, mereka juga tidak akan ragu untuk mengontrol tindakan atau sikap yang kamu lakukan. Bahkan, jenis hubungan ini bisa membuat kamu menjadi terisolasi dari lingkungan hingga keluarga.

Kamu bisa melihat tanda-tanda awal love bombing pada pasangan ketika kamu mengalami masalah dalam hubungan. Pasangan mungkin akan berusaha meminta maaf berulang kali dan memberikan kamu berbagai macam hadiah untuk kembali menarik perhatian kamu. Tidak sedikit love bombers juga membuat kamu merasa bersalah atas sikap yang ditunjukkan.

Jika diteruskan, hubungan yang kamu jalani dapat menyebabkan kamu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Hal ini juga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti stres hingga depresi.

Untuk itu, kenali lebih banyak mengenai tanda kamu berada dalam hubungan love bombing yang perlu diwaspadai, berikut ini:

1. Memberikan Berbagai Jenis Hadiah

Saat diberikan hadiah oleh pasangan, tentunya kamu akan merasakan perasaan gembira. Namun, jika pasangan memberikan hadiah terus menerus sebaiknya waspada sebagai tanda dari love bombing.

Jika ia memberikan kamu hadiah secara berlebihan, seperti misalnya karangan bunga yang sangat besar secara rutin hingga tiket liburan, maka pasangan kamu adalah love bombers.

Biasanya, pasangan tidak akan menerima penolakan dari kamu sehingga kamu harus terus menerus menerima hadiah yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk memanipulasi kamu agar merasa berhutang sehingga pasangan akan lebih mudah untuk mengendalikan dan mengontrol kegiatan kamu.

Tindakan ini juga sering dilakukan sebagai sifat narsistik seseorang untuk menarik perhatian orang lain.

2. Tidak Berhenti untuk Menelpon atau Mengirimkan Pesan Singkat

Seorang love bombers memiliki kebiasaan menelpon kamu terus menerus. Tidak hanya itu, mereka juga kerap mengirimkan pesan singkat untuk mengetahui apa saja yang kamu lakukan secara mendetail.

Tentunya hal ini menjadi gejala yang perlu diwaspadai karena dapat memicu stres hingga gangguan cemas.

3. Tidak Mau Berbagi Perhatian

Saat mereka merasa perhatian kamu terbagi dengan yang lain, mereka akan mudah marah. Mereka bisa menunjukkan sikap yang tidak menyenangkan, bahkan ketika kamu menerima telpon orang lain saat bersama dengannya.

Ia juga dapat melarang kamu untuk pergi ditengah kegiatan yang sedang kalian lakukan bersama.

4. Tidak Menyukai Batasan yang Dibuat

Pasangan yang sehat akan menghargai batasan-batasan yang dibentuk oleh pasangan. Namun, jika pasangan kamu adalah love bombers, ia tidak akan menyukai batasan pribadi yang dibuat.

Mereka akan terus berusaha untuk mengontrol dan memanipulasi sehingga kamu dan pasangan tidak memiliki batasan sama sekali.

Nah, sebaiknya jangan ragu untuk melakukan mendiskusikan hal ini pada ahlinya. Terutama jika hubungan yang kamu jalani dengan pasangan menyebabkan kamu mengalami kesedihan atau ketakutan yang tidak kunjung membaik. Penanganan secara medis atau terapi bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kesehatan mental kamu.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline