30 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaOlahragaMengintip Peluang Juara Moto GP Spanyol

Mengintip Peluang Juara Moto GP Spanyol

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Gelaran balap motor, Moto GP, kini mulai memasuki seri balap keempat. Balapan kali ini digelar di sirkuit Jerez, kota Valencia, Spanyol.

Hari ini, Jumat (3/5/2019) sesi latihan benas pertama dan kedua mulai digelar. Sesi latihan ini juga melibatkan para rider yang berkompetisi di kasta kedua, Moto2 dan kasta ketiga Moto3.

BACA: MotoGP Americas 2019: Yamaha Tempel Ketat Marc Marquez

Besok, Sabtu (4/5/2019) sesi latihan bebas ketiga akan menyusul. Dan pada hari Minggu, (5/5/2019) mendatang, sesi race balap baru mulai digelar.

Di seri balap Spanyol ini, sebagian besar rider yang sukses naik podium adalah pembalap lokal Spanyol. Sebut saja Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Danny Pedrosa, adalah sederet nama lokal yang sukses menguasai sirkuit Jerez.

Maka di seri balap nanti, nama Marquez masih menjadi yang terdepan di favoritkan untuk mengisi podium satu. Meski di seri balap America, sang juara bertahan gagal finish.

Selain tiga nama kondang di atas, nama Alex Rins (Suzuki Ecstar) memiliki modal positif di Jerez nanti. Selain dirinya berstatus pembalap tuan rumah, di seri balap America kemarin, Rins berhasil menutup balapan dengan mengisi podium teratas.

Akan tetapi, hal ini tidak menutup peluang bagi pembalap luar Spanyol. Sebab dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, beberapa nama rider luar Spanyol berhasil meraih podium 1.

Rider luar Spanyol yang paling memungkinkan juara di Sirkuit Jerez adalah Valentino Rossi. Padalnya, pembalap Italia tersebut berhasil menang di Jerez pada tahun 2009 silam dan 2016 yang lalu.

Selain Valentino Rossi, nama Casey Stoner (Australia), juga pernah mengakhiri laga di barisan terdepan. Stoner berhasil menjadi yang terbaik di Jerez pada tahun 2012 yang lalu.

BACA JUGA :  Mulai Pulih, Lorenzo Bakal Jajal Sirkuit Losail

Selain itu, pemimpin klasemen saat ini, Andrea Dovizioso (Ducati), bisa saja memberi kejutan. Saat ini, pembalap Italia tersebut memimpin klasemen sementara MotoGP 2019 dengan koleksi 54 poin.

Dia unggul atas Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang masing-masing mengoleksi 51 dan 49 poin, sebagaimana dilansir dari laman Bolasport.com.

Penulis : Widyawan Setiadi

spot_img

Headline