BerandaDaerahMenhub Tinjau Runway Bandara Arung Palakka

Menhub Tinjau Runway Bandara Arung Palakka

- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Bone, Kamis (18/3/2021).

Kedatangan Menhub disambut Bupati dan Wakil Bupati Bone HA. Fahsar M Padjalangi H Ambo Dalle, Dandim 1407 Bone Letkol Kav Budiman, bersama Forkopimda Bone lainnya, Plt Kadishub, dan Kepala UPBU Arung Palakka.

“Selamat datang di Bumi Arung Palakka Kabupaten Bone bapak Menteri,” kata Bupati Bone A Fahsar.

Kunjungan Menhub merupakan kunjungan kerja perdana di Bumi Arung Palakka Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kedatangan RI-35 ini dalam rangka meninjau pengembangan Runway Bandar Udara (Bandara) Arung Palakka.

Kunjungan singkat Menteri Perhubungan, dalam rangka meninjau fasilitas dan operasional yang ada di Bandara Arung Palakka. Diketahui sudah dua tahun lebih bandara Arung Palakka vakum. Tak ada jadwal penerbangan di bandara ini sejak 2018 lalu.

Diketahui, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Arung Palakka mulai berbenah. Vakum sejak tahun 2018, pengelola bandara mulai menjajaki jalur penerbangan perintis rute Bone-Kolaka.

Kepala UPBU Arung Palakka, Muammar Asshidiqi mengatakan, pihaknya mengupayakan Tahun 2022, sudah ada penerbangan perintis.

“Tahun 2022, kita usulkan untuk ada penerbangan perintis minimal ke Kolaka dulu,” katanya.

Sementara untuk penerbangan komersil, pihaknya masih menunggu perbaikan fasilitas yang ada di bandara. Utamanya run way atau landasan pacu. Ia mengaku, panjang landasan pacu saat ini, panjangnya 1.200 meter.

“Idealnya untuk digunakan pesawat ATR 72, panjang landasan pacu minimal 1.600 meter,” ujarnya.

PenulisYusnadi