24 C
Makassar
Rabu, Desember 8, 2021
BerandaMetropolisMinimalisir Sampah ke TPA, PD Pasar Buat Program Satu Pasar Satu Bank...

Minimalisir Sampah ke TPA, PD Pasar Buat Program Satu Pasar Satu Bank Sampah

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka meminimalisir sampah di pasar ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Perusahaan Daerah (Perusda) Pasar Kota Makassar membuat program satu pasar satu bank sampah.

Direktur Operasional (Dirops) Perusahaan Daerah (Perusda) Pasar Makassar Raya Sahar Ridwan, mengatakan bahwa nantinya pihaknya akan menyediakan bank Sampah organik untuk mengelola sampah seperti kertas, plastik, dan lain-lain serta dan anorganik.

BACA: Hewan Kurban di TPA Antang Dinilai Berbahaya

“Tujuannya ini tidak lain untuk mengurangi sampah organik masuk di TPA karena sudah disiapkan Bank Sampah Organik,” katanya, Selasa (8/1/2019).

Sementara, kata dia, sampah non organik pihaknya akan mengelola jenis sampah tersebut untuk dijadikan sebagai komposter. Yang akan menghasilkan nilai dari pengolahan sampah tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa program satu pasar, satu bank sampah tersebut akan dioptimalkan pada pasar-pasar yang masuk dalam penilaian untuk piala adipura. Seperti Pasar Maricaya, Pasar Baru, Pasar Sambung Jawa, Pasar Panakukang dan Pasar Pa’baeng-baeng.

BACA: Cerita Pengais Nafkah Di TPA Antang

“Pasar ini kami optimalkan, tapi bukan berarti pasar lain diabaikan, kita prioritaskan semua karena ini program menyeluruh yang diterapkan di seluruh pasar di Kota Makassar,” ujarnya.

Agar program tersebut bisa terealisasi dengan baik maka pihaknya akan melengkapi beberapa sarana dan prasarana. Seperti gerobak atau tempat sampah mobile. Sementara untuk kantong plastik dan ember akan diserahkan kepada pedagang.

Penulis: M. Syawal
BACA JUGA :  Bandara Internasional Yogyakarta akan Beroprasi Sebelum Lebaran Idul Fitri
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.359,7
EUR
16.145,5
JPY
126,3
KRW
12,2
MYR
3.393,1
SGD
10.501,3