27 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaHeadlineNatalius Pigai: Jokowi Gagal Bikin Rusia-Ukraina Damai

Natalius Pigai: Jokowi Gagal Bikin Rusia-Ukraina Damai

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM), Natalius Pigai menyebut Presiden Jokowi gagal mendamaikan Rusia dan Ukraina setelah kunjungannya ke kedua negara tersebut.

Rusia dia sebut masih terus menyerang Ukraina seusai kunjungan Presiden Jokowi. Pigai juga menyebut kalau perjalanan darat Presiden Jokowi dengan naik kereta juga disebutnya karena Rusia tidak memberikan jalan.

Jokowi gagal bikin Rusia-Ukraina Damai. Putin dikabarkan telah meningkatkan serangan di Ukraina (30/6/2022), seusai Pres Jokowi berkunjung. Naik Kereta ke Ukraina itu scr Diplomasi & politik Rusia tdk kasih jalan.” kata Pigai melalui akun Twitternya, (1/7/2022).

BACA JUGA :  Tuding Jokowi Memecah Koalisi Prabowo, BPN: Kami Percaya Demokrat

Inilah akibat kejar Headline Domestik saja,” tambahnya.

Pigai sebelumnya juga meragukan kunjungan Jokowi ini untuk misi perdamaian Rusia-Ukraina. Dia curiga kalau Jokowi hanya mengantar undangan helatan G20 di Indonesia.

Saya duga Jokowi menggunakan fasilitas G20 & antar undangan untuk G20 di Bali. Padahal seharusnya @jokowi paksa Putin hentikan perang dan mencaplok wilayah Ukraina,” ucap tokoh asal Papua ini.

BACA JUGA :  Prabowo Gugat ke MK, AHY-Zulhas Kembali Bertemu Jokowi

Seperti banyak diberitakan, Presiden Jokowi telah melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina dan Rusia.

Momen pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin berlangsung hangat di Istana Kremlin pada Kamis (30/6/2022).

Jokowi dalam jumpa pers di samping Presiden Putin bahkan secara terbuka berbicara soal perang Rusia-Ukraina yang saat ini masih berlangsung. Termasuk menyampaikan langsung pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jokowi mengatakan, dirinya siap menjadi jembatan dialog antara sang presiden Rusia dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dirinya disebut siap menjadi jembatan komunikasi antar kedua kepala negara untuk mewujudkan perdamaian.

“Seperti yang saya katakan di Kyiv, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, saya akan tetap mengatakan bahwa penting untuk bergerak menuju penyelesaian damai dan dialog terbuka. Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan mengatakan saya siap membantu menjalin kontak antara kedua pemimpin,” kata Jokowi di sebelah Putin seperti dilansir dari CNNIndonesia.

(*)

spot_img

Headline