BerandaRagamObat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sakit gigi, terutama pada ibu hamil, pasti menimbulkan gejala nyeri yang luar biasa. Rasa nyeri dan ngilu gigi tersebut mungkin mengganggu aktivitas hingga memicu demam dan kelemahan. Apabila sakit gigi tidak tertahankan, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk rekomendasi obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa obat sakit gigi untuk ibu hamil di apotek, namun tetap ditekankan untuk berhati-hati minum obat apapun selama kehamilan:

1. Antibiotik

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat paparan bakteri. Cara kerja obat antibiotik adalah dengan membunuh bakteri penyebab peradangan atau infeksi tersebut. Umumnya, antibiotik aman digunakan untuk ibu hamil namun tetap tidak boleh diminum sembarangan.

Anda tetap harus memerhatikan jenis antibiotik apa, tingkat keparahan gejala, usia kehamilan, dan kondisi kesehatan Anda sebelum menggunakan antibiotik. Salah satu obat sakit gigi untuk ibu hamil adalah antibiotik penisilin.

Beberapa jenis antibiotik yang dianggap aman dikonsumsi oleh ibu hamil untuk beberapa keluhan kesehatan, sebagai berikut:

• Sefalosporin, termasuk cefaclor dan cephalexin
• Erythromycin
• Clindamycin

Walaupun dianggap aman, ibu hamil tidak dianjurkan untuk minum antibiotik apapun tanpa resep dokter. Bicarakan pada dokter tentang penggunaan, dosis, dan risiko efek samping selama kehamilan sebelum minum antibiotik.

2. Parasetamol (Acetaminophen)

Parasetamol adalah obat pereda nyeri yang digunakan untuk berbagai kondisi seperti sakit kepala, nyeri otot, demam, dan sakit gigi. Parasetamol juga dianggap aman untuk ibu hamil, namun tetap dengan persetujuan dokter sebelumnya.

Dokter mungkin akan meresepkan parasetamol dengan kombinasi obat lain yang sesuai dengan kondisi Anda. Berdasarkan laporan, menggunakan parasetamol (acetaminophen) memiliki risiko efek samping yang rendah. Obat ini tidak dikaitkan dengan risiko keguguran atau bayi lahir cacat.

Walaupun demikian, sebaiknya Anda konsumsi parasetamol dalam dosis sangat kecil selama kehamilan. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan obat ini setiap hari dalam jangka panjang, misal lebih dari 28 hari.

Bayi akan memiliki risiko besar mengalami asma, masalah pernapasan, dan keterlambatan perkembangan ringan atau attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan parasetamol bila Anda memiliki riwayat alergi obat ini.

3. Obat Resep Dokter

Apabila sakit gigi bertahan lebih lama dan semakin memburuk, Anda tidak dapat menggunakan obat sakit gigi untuk ibu hamil. Sebaiknya konsultasi pada dokter gigi atau dokter spesialis kehamilan untuk diagnosis lebih tepat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan gejala dan mungkin menyarankan prosedur gigi lainnya. Dokter akan mencari tahu penyebab sakit gigi dan menentukan pengobatan yang aman untuk Anda dan bayi.

Beberapa rekomendasi obat sakit gigi untuk ibu hamil di apotek ini mungkin membantu, namun utamakan obat resep dari dokter. Ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat walaupun hanya untuk gejala nyeri biasa.

Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Berikut ini beberapa cara alami mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang aman dan efektif:

1. Kumur Air Garam

Cara alami mengatasi sakit gigi adalah dengan kumur-kumur menggunakan air hangat yang dicampur garam. Larutan garam dan air hangat ini akan membantu membersihkan partikel sisa makanan yang bersarang di sela-sela gigi. Ini juga dapat meringankan nyeri gigi dan meredakan peradangan.

2. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah agar sistem imun Anda aktif dan dapat melawan penyebab infeksi. Caranya adalah dengan menggunakan kain yang dicelupkan air hangat. Lalu, kompres di pipi pada bagian gigi yang nyeri. Ulangi hingga rasa sakit mereda.

3. Minum Susu

Susu mengandung vitamin K dan kalsium yang penting untuk kekuatan gusi dan gigi. Anda disarankan untuk minum susu hangat beberapa kali sehari untuk meredakan efek inflamasi gusi. Jangan lupa untuk sikat gigi setelah minum susu, ya!

4. Perhatikan Asupan Makanan

Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung banyak gula. Penumpukan gula di gusi dan gigi akan menyebabkan plak pada gigi. Jangan lupa sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.

5. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan antiseptik alami. Anda dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi alami. Caranya adalah dengan mengoleskannya langsung ke gigi yang nyeri.

Itulah beberapa rekomendasi cara alami untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Bila sakit gigi semakin memburuk, sebaiknya hubungi dokter.