26 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaOlahragaOlahraga Bulutangkis Temukan Terobosan Baru

Olahraga Bulutangkis Temukan Terobosan Baru

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Rencana yang sudah lama bergeming untuk menghadirkan permainan bulu tangkis luar lapangan atau di lapangan terbuka, kini berhasil direalisasikan.

Laman resmi BWF Badminton mengabarkan bahwa BWF bersama dengan HSBC, telah meresmikan permainan bulu tangkis di lapangan terbuka di halaman luar Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Cina, sebagaimana dilansir dari laman Kompas.com.

Jenis permainan baru di cabang olah raga bulu ini disebut “Air Badminton”, sedangkan shuttlecock yang digunakan berbeda dengan shuttlecock pada umumnya. Shuttlecock yang digunakan pada turnamen ini disebut Air Shuttle.

BACA: Pebulutangkis Tunggal Indonesia Pulang Lebih Cepat Dari Kejuaraan Bulutangkis Asia 2019

Project ini digarap dalam waktu lima tahun. Para pemain yang bakal memainkan olah raga ini harus memiliki oengalaman dan kestabilan yang lebih, sebab permainan ini dilakukan di luar ruangan.

Air Badminton sendiri diresmikan langsung oleh peraih medali emas putra Olimpiade Atlanta 1996, yang saat ini menjabat sebagai ketua BWF, Poul-Erik Høyer.

Poul-Erik Høyer menyebutkan bahwa AirBadminton ini diciptakan demi meningkatkan partisipasi masyarakat pada olahraga bulu tangkis. Selain itu, AirBadminton juga diharapkan mampu membuat bulu tangkis menjadi olahraga yang semakin menarik.

BACA: PB PBSI Tanggapi Beredarnya Video Skandal Mirip Atlet Bulutangkis

“Ini adalah acara yang penting untuk olahraga bulu tangkis. Secara strategis, AirBadminton akan membantu kami untuk mencapai tujuan utama kami, yaitu membuat semakin banyak orang bermain bulu tangkis,” ujar Høyer.

Selain meluncurkan AirBadminton, BWF juga resmi memperkenalkan shuttlecock baru yang khusus akan digunakan dalam permainan AirBadminton, yaitu AirShuttle.

AirShuttle sendiri memiliki bentuk dan komposisi yang berbeda dari shuttlecock yang biasa digunakan pada olahraga bulu tangkis. Airshuttle ini juga dibuat untuk tahan terhadap kecepatan angin 12 km / jam.

BACA JUGA :  Tujuh Wakil Maju di French Open

Penulis : Widyawan Setiadi

spot_img

Headline