30 C
Makassar
Selasa, Februari 27, 2024
BerandaDaerahPeduli Pendidikan, Eva Stevany Rataba Salurkan 158 KIP untuk Mahasiswa Toraja

Peduli Pendidikan, Eva Stevany Rataba Salurkan 158 KIP untuk Mahasiswa Toraja

- Advertisement -
- Advertisement -

TATOR, SULSELEKSPRES.COM – Aspirasi bidang pendidikan anggota DPR RI Komisi X Eva Stevany Rataba untuk pelajar di wilayah Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) terus disalurkan.

Kali ini, legislator Partai NasDem itu kembali menyalurkan 158 bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada mahasiswa di wilayah Tana Toraja.

Kegiatan penyerahan bantuan KIP dilaksanakan di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, Kabupaten Tana Toraja, Sabtu (16/12/2023).

Hadir Kepala LLDikti Wilayah IX Andi Lukman, 158 mahasiswa penerima bantuan pendidikan KIP lintas perguruan tinggi di Toraja.

Eva mengatakan, melalui aspirasi pendidikan ini banyak pelajar di Toraja bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Hal ini kata dia, menambah kesempatan pemuda-pemudi Toraja untuk menggapai cita-citanya di bidang akademisi.

“Melalui aspirasi ini sebagai bentuk kepedulian dengan pendidikan masyarakat yang kurang mampu. Sudah banyak mahasiswa yang mendapatkan KIP bisa melanjutkan kembali pendidikannya sampai perguruan tinggi, tentunya ini membuka peluang untuk mencapai cita-cita,” kata legislator NasDem yang akrab disapa ESR ini.

ESR mengutarakan, sejak dilantik sebagai legislator DPR RI di 2019, dirinya bersama anggota komisi X DPR RI lainnya langsung mengusulkan adanya Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk masyarakat Indonesia. Benar saja, di tahun 2020 Kemendikbudristek langsung menyalurkan bantuan tersebut.

“Saya ingat ya, di tahun 2020 pertama membuka pendaftaran bantuan PIP dan KIP, rumah saya ini sudah seperti rumah dokter spesialis. Banyak masyarakat yang datang untuk mendaftar, artinya program ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Keinginan masyarakat Toraja untuk mendorong anak-anaknya mengenyam pendidikan hingga sekolah tinggi sangat besar, di sinilah kami hadir,” ungkapnya.

Dia pun meminta, pelajar yang mendapatkan bantuan KIP tersebut tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Menurutnya, ini kesempatan untuk mengangkat derajat keluarga bahkan daerah asal melalui pendidikan.

“Saya harapkan, adik-adik yang mendapatkan KIP ini benar-benar bisa memanfaatkan dengan baik. Melalui program ini, capai cita-cita kalian, angkat derajat keluarga dan daerah. Adik-adik harus menunjukan kalau kalian orang terpilih, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah IX Andi Lukman mengutarakan, pihaknya berterima kasih kepada Eva Stevany Rataba yang selalu memperjuangkan masyarakat di bidang pendidikan. Kata dia, melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah.

“Saya kagum melihat ibu Eva yang selalu berjuang untuk masyarakat di bidang pendidikan ini. Jujur, aspirasi komisi X DPR RI sangat membantu kami untuk mencegah anak-anak kita putus sekolah. Jadi adik-adik sekalian, selamat telah mendapatkan bantuan KIP ini. Berterima kasih kepada Ibu (Eva Stevany Rataba) yang telah berjuang di bidang ini,” pungkasnya.

Diketahui, mulai tahun 2020 hingga 2023 Eva Stevany Rataba sudah menyalurkan bantuan KIP kepada pelajar di wilayah Toraja sebanyak 445 pelajar, dengan rincian :

1. Tahun 2020 = 35 pelajar

2. Tahun 2021 = 124 pelajar

3. Tahun 2022 = 128 pelajar

4. Tahun 2023 = 158 pelajar.

spot_img

Headline

Populer