28 C
Makassar
Senin, Oktober 25, 2021
BerandaHealthPengamat Sosial Unimerz: Pandemi Ini Akan Segera Berakhir

Pengamat Sosial Unimerz: Pandemi Ini Akan Segera Berakhir

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pandemi Covid-19 dinilai bakal segera berakhir seiring meningkatnya antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi.

Hal itu diungkapkan oleh pengamat sosial dari Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar, Dr. H. Syamsunie Carsel HR.M.Pd. Kata dia, belakangan ini masyarakat Sulsel sangat sadar dan patuh terhadap protokol kesehatan.

“Antusiasme masyarakat terhadap vaksin itu sangat sangat luar biasa, mereka itu sangat sadar terhadap mamfaat vaksin, ini merupakan indikator bahwa pandemi ini akan segera berakhir,” ujar Carsel di Makassar Kamis (14/10/2021).

Disisi lain, menurut Wakil Dekan II Fakultas Farmasi Teknologi Rumah Sakit dan Informatika Unimers tersebut, pemerintah makin getol mencanankan berbagai macam program untuk menekan penyembaran virus.

“Di Makassar misalnya, ada program Makassar Recovery, itu sangat bagus, ini semua jadi pertanda pandemi bakal segara berakhir,” kata dia.

Adapun terkait masyarakat yang masih kurang percaya terkahadap vaksin, kata dia, itu hanya segelintir saja. “Karena dari pengalaman kami menggelar vaksinasi itu sealu melebihi target dosis yang kami siapkan,” tutup Carsel.

Sekadar diketahui, Pandemi covid-19 di Provinsi Sulawesi selatan makin terkendali. Angka kesembuhan mengalami kenaikan selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, angka kesembuhan Sulsel saat ini berada di kisaran 96,63 persen, lebih tinggi dibanding nasional sebesar 96 persen.

Sementara, angka kematian Sulsel juga terus menurun, kini di angka 2,04 persen, lebih rendah dibanding nasional 3,4 persen. Positivity rate 0,65 persen.

Melalui upaya Sulsel Kebut Vaksinasi, beragam hal dilakukan untuk mempercepat vaksinasi. Seperti gerai vaksin dan mobile vaccinator, serta beragam inovasi lainnya.

Seluruh Kabupaten di Sulsel Zona Kuning

Upadate terbaru, disebutkan bahwa cakupan vaksinasi dosis satu sudah mencapai 2.526.580 orang atau 35,80 persen, sementara vaksinasi dosis dua sudah mencapai 1.555.436 orang atau 22,04 persen dari target 7.058.141.

BACA JUGA :  Benarkah Merokok Bisa Meredakan Stres?

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, mobile vaccinator terus bergerak ke kelompok masyarakat dan lainnya, seperti di sekolah, perguruan tinggi, pasar serta fasilitas umum lainnya. Apalagi, pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan aturan teknis sebagai dasar perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1, serta mengoptimalkan posko penanganan corona virus disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan, untuk pengendalian penyebaran corona virus disease 2019 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, yang diteken tertanggal 4 Oktober 2021. Dimana PPKM ini berlaku dua pekan, mulai tanggal 5-18 Oktober 2021.

Dari Inmendagri itu, menunjukkan perkembangan baik di Provinsi Sulsel. Seluruh kabupaten/kota di Sulsel kini masuk dalam PPKM Level 2 (zona kuning). Padahal dua pekan sebelumnya, ada enam kabupaten/kota di Sulsel yang masuk dalam PPKM Level 3 dan 18 kabupaten/kota lainnya masuk dalam PPKM Level 2.

“Alhamdulillah, saat ini seluruh kabupaten/kota di Sulsel sudah PPKM Level 2 atau zona kuning. Semoga kita terus berupaya mempertahankan ataupun bisa berupaya agar masuk dalam Level 1,” ungkapnya.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.230,8
EUR
16.574,3
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.428,8
SGD
10.556,7