25 C
Makassar
Kamis, Desember 2, 2021
BerandaMetropolisPenjelasan Kepala BBPJN Soal Jembatan Ambruk di Jalan Trans Sulawesi

Penjelasan Kepala BBPJN Soal Jembatan Ambruk di Jalan Trans Sulawesi

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kamis 13 Februari lalu, warga Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Sulsel dihebohkan oleh adanya truk tronton 10 roda terjun ke Sungai.

Truk yang mengangkut pupuk 600 sak itu jatuh ke sungai lantaran jembatan yang dilewatinya jebol. Usai kejadian itu, saat ini masih dilakukan pemeriksaan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII, Miftachul Munir menyebut jebolnya jembatan tersebut diduga kuat lantaran muatan mobil yang melebihi kapasitas.

Ia menyebut, bukan hanya mobil tersebut yang melintas di Jembatan sebelum ke kejadian. Namun terdapat dua mobil sejenisnya yang telah mendahului.

“Sebelum jebol ada trek yang sama dengan memuat 600 karung pupuk. Kurang lebih 30 ton. Saat truk ketiga lewat ini yang jebol,” ungkap Munir di kantor DPRD Makassar usai mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan komisi D, Senin (17/2/2020)

Munir menyebut pemeriksaan forensik oleh komisi keselamatan. Hasilnya akan menentukan langkah selanjutnya untuk jembatan tersebut.

BACA: Bupati Barru Minta Rekanan Proyek Jembatan yang Ambruk Bertanggung Jawab

“Kepastian kerusakannya masih menunggu tim, termasuk perbaikan. Apakah diganti semua sama seperti membuat jembatan baru ataukah hanya perbaikan sebagian atau bagaimana,” tambahnya.

Terkait kerusakan jembatan perhubungan antar kota tersebut, Munir menyebut akan ada pembahasan di Jakarta. Terkait kerusakan jembatan itu pula, Munir menyebut pihaknya setiap tahun ada pengecekan kelayakan penggunaan.

“Besok adakan ada pembahasan di Jakarta. Tiap tahun dari ribuan jmembayangkan ada kami melakukan pemeriksaan. Bagi yang tidak layak pakai pasti akan ditutup,” sebutnya.

Munir tak menyebut jembatan tersebut sudah tak layak pakai. Pasalnya kendaraan lain sudah lewat dan jebol saat kemdaraan yang disebut over kapasitas lewat.

BACA JUGA :  Nurdin Abdullah Gelar Malam Ramah Tamah Bersama Dua Fakultas Unhas

“Jika tidak layak semua kendaraan tidak akan lewat. Jembatannya masih berdiri cuma sebagian yang rusak. Ada tiga jembatan seperti ini dan akan kami periksa,” tambahnya.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.358,2
EUR
16.262,6
JPY
127,4
KRW
12,2
MYR
3.404,4
SGD
10.528,1