30 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeHealthPenyakit yang Bisa Ditularkan saat Berbagi Alat Makan

Penyakit yang Bisa Ditularkan saat Berbagi Alat Makan

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Bagi sebagian orang, bertukar atau berbagi alat makan, seperti gelas, sendok, sedotan, dan garpu, dengan teman atau orang terdekat adalah hal yang biasa. Malahan, hal ini bisa menjadi tanda keakraban atau kedekatan seseorang.

Namun, sebenarnya berbagi alat makan, terutama yang belum dicuci sampai bersih bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Soalnya, ada beragam penyakit yang bisa menular dengan mudah melalui cara ini.

Dilansir dari laman alodokter disebutkan bahwa ada beberapa jenis penyakit infeksi bisa menular dari air liur penderita melalui alat makan yang belum dicuci bersih. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menular melalui air liur:

1. Flu

Penyakit yang paling sering menular ketika berbagi alat makan adalah influenza atau flu. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus influenza yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Saat terinfeksi, kamu bisa mengalami beberapa gejala, seperti demam, bersin, batuk, hidung tersumbat, meler, pegal-pegal, sakit kepala, hingga sakit tenggorokan.

2. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis adalah peradangan yang terjadi pada faring, yang berada di bagian belakang tenggorokan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Infeksi penyebab faringitis juga rentan menular melalui air liur dari penderita yang bisa mengontaminasi alat makan.

Selain tenggorokan terasa nyeri, penyakit ini juga bisa menyebabkan tenggorokan berwarna kemerahan, terasa gatal dan kering, nyeri ketika menelan, dan sakit saat berbicara. Bahkan, penyakit ini juga bisa membuatmu demam.

3. Herpes oral

Herpes oral atau herpes mulut adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyakit ini menular melalui kontak langsung dengan mulut dan air liur penderita.

Walau pun lebih sering menular melalui seks oral atau berciuman, berbagi alat makan dengan teman yang menderita penyakit ini juga bisa menjadi media penularan, lho.

Penyakit ini ditandai dengan munculnya demam, sakit tenggorokan, sakit saat menelan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Setelah gejala tersebut muncul, selanjutnya kamu akan mengalami luka lepuh kecil yang cukup menyakitkan di bibir, mulut, atau gusi.

4. COVID-19

COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Penyakit ini menular melalui droplet yang dikeluarkan melalui batuk atau bersin penderita. Namun, berbagi alat makan dengan penderita yang sedang mengalami COVID-19 juga bisa menjadi media penularan.

Gejala infeksi virus Corona bisa beragam, misalnya demam, flu, batuk, sakit tenggorokan, kelelahan, juga anosmia. Pada kondisi yang ringan, infeksi virus Corona juga bisa terjadi tanpa gejala.

5. Hepatitis C

Hepatitis C adalah infeksi hati atau liver yang disebabkan oleh virus hepatitis C. Media penularan utama hepatitis C adalah darah atau cairan tubuh dari penderita.

Walau pun tidak menular melalui air liur, tetapi jika penderita sedang mengalami luka di area sekitar bibirnya dan ada darah yang menempel di alat makannya, berbagi penggunaan alat makan dengan orang lain bisa menularkan penyakit ini.

Gejala yang timbul saat terinfeksi hepatitis C meliputi demam, mata dan kulit tampak kuning (penyakit kuning), urine dan feses berwarna gelap, mudah lelah, nyeri sendi, hilang nafsu makan, mual dan muntah, serta sakit perut.

6. Hand, Foot, and Mouth Disease atau Flu Singapura

Berbagi alat makan dengan teman juga bisa menularkan penyakit hand, foot, and mouth disease atau flu Singapura. Penyakit ini memang lebih sering dialami oleh anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa lho mengalaminya.

Flu Singapura umumnya disebabkan oleh coxsackievirus. Gejalanya bisa berupa demam, sakit tenggorokan, badan linu, timbul luka atau sariawan di dalam mulut (gusi, lidah, dan bagian dalam pipi), muncul ruam yang melepuh di area tertentu (bokong, telapak tangan dan kaki), serta hilang nafsu makan.

Itulah beragam penyakit yang bisa menular jika kamu sering berbagi alat makan dengan teman atau orang lain. Supaya kamu tidak tertular penyakit tersebut, sebaiknya bawalah alat makan sendiri kemana pun kamu pergi.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img