24.3 C
Makassar
Jumat, Mei 14, 2021
BerandaEdukasiPeran Penting Desain Kemasan Produk

Peran Penting Desain Kemasan Produk

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Desain kemasan memainkan peran yang sangat penting bagi suatu produk. Betapa tidak, desain kemasan memiliki pengaruh besar terhadap keputusan pembelian konsumen. Seringkali keputusan membeli konsumen muncul setelah tertarik dengan kemasan suatu produk.

Art Director Lee Design & Associates Head of Packaging Design & Branding AKUMANDIRI (UMKM Indonesia), Reymond Lee, menyampaikan, pengemasan tidak hanya berfungsi untuk melindungi, tetapi juga sebagai alat pemasaran. Strategi desain yang baik, dapat menarik konsumen untuk mencoba menikmati atau menggunakan suatu produk.

“Desain kemasan yang menarik dapat mendongkrak daya beli konsumen dan meningkatkan daya saing sebuah produk hingga ke taraf internasional,” ungkap Reymond.

Webinar ini memgangkat tema pengenalan desain kemasan untuk pengusaha pemula, yang digelar Kampus STIE Nobel Indonesia dan Nobel Indonesia Institute (NII) bersama DPW AKUMANDIRI Sulawesi Selatan, Rabu (14/4/2021).

Webinar dibuka secara resmi oleh Ketua STIE Nobel Indonesia, Dr. H. Mashur Razak, S.E., M.M. Dalam sambutannya, beliau mengatakan pengenalan desain kemasan sangat penting untuk pengusaha pemula.

Harapannya agar produk yang dihasilkan memiliki kemasan yang menarik sehingga berdaya saing dan bernilai jual tinggi.

“Saya prihatin dengan minat beli konsumen yang cenderung tertarik dengan produk luar. Produk lokal sebenarnya berkualitas, namun kita masih kalah saing dari segi tampilan,” ungkap Mashur Razak.

Mutiarini M., M.Psi., M.M., Psikolog, sebagai Direktur Pengembangan dan Operasional NII, mengatakan, webinar ini sangat bermanfaat karena dapat membuka wawasan pelaku bisnis maupun mahasiswa, tidak hanya dalam mendesain produknya agar lebih menarik lagi, tetapi dapat pula sebagai ide usaha berupa jasa mendesain suatu produk.

Webinar tersebut diikuti kurang lebih 191 peserta. Mereka terdiri dari mahasiswa, para dosen dan staf STIE Nobel Indonesia. Webinar juga diikuti oleh pihak eksternal, dari SMK hingga perguruan tinggi luar Makassar.

Kepala Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, H. Abdul Malik Faisal, S.H, M. PEMB., dan Ketua DPW AKUMANDIRI Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso turut hadir dalam webinar tersebut.

spot_img
- Advertisment -

Headline