27 C
Makassar
Selasa, Februari 27, 2024
BerandaDaerahPerangkat Pemdes se-Kecamatan Bengo Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Website Desa

Perangkat Pemdes se-Kecamatan Bengo Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Website Desa

- Advertisement -
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Sejumlah perangkat pemerintah desa se-Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone mengikuti pelatihan jurnalistik dan pengelolaan website desa, yang berlangsung di Aula eks kantor CDK Kecamatan Bengo, Jumat (24/11/2023).

Dimana pada pelatihan jurnalistik seharusnya harus selalu dilakukan oleh para penggiat humas dan public relations, corporate communications, corporate secretary, staf redaksi/pengelola media internal instansi/perusahaan maupun para professional berbagai bidang yang ingin mendalami keterampilan penulisan naskah jurnalistik.

Olehnya itu, Pemerintah Kecamatan Bengo bekerjasama dengan Jurnalis Kunderuz Bone (JKB) menggelar pelatihan jurnalistik dan pengelolaan website desa kepada seluruh pemerintah desa se-Kecamatan Bengo.

Melalui pelatihan jurnalistik ini, peserta akan dilatih untuk mengemas naskah-naskah di media internal mereka menjadi jauh lebih menarik, baik itu naskah berita, artikel, feature, ataupun tulisan laporan.

Dalam sambutannya Camat Bengo, Edy Saputra Syam menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini yakni agar kegiatan-kegiatan dan semacamnya yang ada di desa bisa tersampaikan ke masyarakat.

Mantan Sekretaris Camat Tanete Riattang ini berharap, segala bentuk kegiatan di tingkat desa dapat diketahui oleh masyarakat berkat pelatihan jurnalistik dan pengelolaan website desa yang telah diikuti.

“Jangan sampai masyarakat selalu menganggap kita ini tidak bekerja, dan berbagai pikiran lain. Nah, salah satu caranya yaitu, kita harus memblow up atau mempublish semua kegiatan, penggunaan anggaran dan semacamnya,” jelas Edy dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Edy menambahkan, selain pelatihan jurnalis, kegiatan ini juga sebagai bentuk silaturahmi antara pemerintah desa dan insan jurnalis yang ada di Kabupaten Bone.

“Bila silaturahmi baik, kita sudah saling kenal, maka kita bisa saling bahu-membahu membangun daerah ini. Bila ada masalah, kita bisa mencari solusi bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Jurnalis Kunderus Bone (JKB) Anto Syambaniadam menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Bengo dan beberapa utusan perangkat desa turut dalam kegiatan pelatihan tersebut. Pasalnya, kegiatan ini dinilai sangat penting diketahui oleh penyelenggara pemerintah baik ditingkat kecamatan maupun desa.

“Menyampaikan terkait potensi desa dan segala bentuk kegiatan di desa agar apa yg di lakukan pemerintah desa tersampaikan di publik maka penting ada website dan pelatihan pengelolaannya,” ucapnya.

“Kami harap, kegiatan pelatihan ini kedepannya dapat bermanfaat dan tentunya akan berkesinambungan mengingat masih banyak pengelolaan website desa di seluruh wilayah Kabupaten Bone belum dapat dikelola dengan baik di era keterbukaan informasi saat ini,” harap Anto.

Sekedar diketahui, pelatihan jurnalistik dan pengelolaan website desa ini berlangsung sehari dan menghadirkan pemateri yakni, Ketua Jurnalis Kunderus Bone Anto Syambaniadam dan Herman yang juga seorang akademik.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 19 orang, dari perwakilan 9 pemerintah desa di Kecamatan Bengo.

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer