25 C
Makassar
Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaEkbis Foto Korban Pembacokan Driver Grab Makassar, Benarkah?

[Periksa Fakta] Foto Korban Pembacokan Driver Grab Makassar, Benarkah?

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Insiden cekcok antar kubu juru parkir dan driver ojek daring Grab di sekitaran Mall Panakkukang, Senin (13/5/2019) rupanya dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab untuk sebar informasi salah atau hoaks.

Informasi tersebut memuat narasi dan beberapa foto, yang singkatnya menarasikan korban bacok dari kubu ojol. Di foto yang beredar luas di media sosial hingga grup aplikasi tersebut, tampak sebuah pria dan bagian tangan dengan luka terbuka.

Satu posting-an berhasil kami dapati di media sosial platform Facebook dengan nama pengguna Mom’s Arafah. Di postingannya, ia menulis sebuah kronologis bagaimana pria yang ia maksud di foto tersebut dibacok.

“Kronologisx : driver abis anterin penumpang pas dibawah terowongan,kemudian driver istirahat sejenak krn kelelahan akhirx dstumi singgah berteduh sambil nunggu orderan selanjutx pas di area parkiran motor.kemudian driver mau beranjak,eh tiba2 tkg parkir meminta uang parkir 5K tp driver menolak krn cmn mangkal diatas motor.pe|aku memanggil tmn2 profesix u/keroyok driver tsb krn alasan tdk mau byr uang parkir trus driver dibusur drjauh tp cmn samping jaketji yg terkena…,” demikian yang ia tulis.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1715850345227507&id=100004076738868

Namun, benar kah informasi tersebut?

Saat kami mencoba menelusuri foto tersebut via google gambar, tidak didapati satupun foto yang mirip. Namun, dari keterangan yang diperoleh dari lapangan, korban yang dinarasikan posting-an itu tidak benar adanya. Pun dengan keterangan pihak polisi.

Kapolsek Panakkukang, Kompol Ananda F Harahap menuturkan, informasi tersebut dipastikan keliru. Sebab, sejauh ini korban yang diinventarisir pihaknya tidak satupun memiliki luka terbuka macam yang dinarasikan posting-an tersebut.

“Soal info yang ada korban pembacokan itu informasi, informasi hoaks, yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” kata dia saat ditemui di Posko Resmob Panakkukang, Selasa (14/5/2019) dini hari.

Dari hasil tersebut, dapat dipastikan bila informasi itu tidaklah benar atau hoaks.

Penulis: Agus Mawan

spot_img

Headline