25 C
Makassar
Jumat, Januari 21, 2022
BerandaMetropolisPeringati Hari Sejuta Pohon Sedunia, Earth Hour Lakukan Aksi Cabut Paku

Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia, Earth Hour Lakukan Aksi Cabut Paku

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka memperingati hari sejuta pohon sedunia Earth Hour Makassar melakukan aksi cabut paku pohon. Hal itu dilakukan lantaran Tree Spiking yakni memaku setangkai logam, paku atau material lain (seperti keramik) ke dalam batang pohon saat marak dilakukan.

Penanggung jawab aksi, Muh. Rezi, mengatakan bahwa hal itu dilakukan karena akibat dari Tree Skiping, sangat memungkinkan pohon-pohon yang banyak ditancap logam dan dijerat benda lain sangat mudah rusak.

“Tree skiping membuat kekuatan kayu pohon akan berkurang karena pohon mudah terinfeksi penyakit seperti jamur dan bakteri,” katanya, Minggu (13/1/2019).

Jika dalam jangka panjang itu dilakukan maka sangat mungkin pohon yang telah melemah akibat logam dan tali mudah tumbang dan cepat mengalami kematian, dan tentunya akan membahayakan manusia.

“Kami mengajak teman-teman dan masyarakat untuk senantiasa menjaga dan tidak merusak pohon,” ajaknya.

Aksi pencabutan pohon ini dilakukan di Sepanjang Jalan Ratulangi hingga Jalan Jendral Sudirman, bersama dengan sejumlah volunteer dari organisasi yang konsen terhadap lingkungan tersebut.

Aksi Cabut Paku Pohon ini juga diikuti oleh seluruh volunteer Earth Hour Makassar bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, The Body Shop, Kutu Air Shop, Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI), dan Rumah Kepemimpinan.

Penulis: M. Syawal

BACA JUGA :  PW Ansor-Bawaslu Sulsel Diskusikan Tantangan Demokrasi di Era Pandemi
BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6