24.6 C
Makassar
Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaRagamPisang Ijo Menu Andalan Saat Buka Puasa, Begini Cara Buatnya

Pisang Ijo Menu Andalan Saat Buka Puasa, Begini Cara Buatnya

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Berbagai hidangan takjil akan mudah kamu temukan ketika menjelang berbuka puasa. Salah satu di antaranya adalah es pisang ijo. Kuliner khas kota Makassar ini menjadi hidangan yang digemari banyak orang setelah kolak pisang, pala butung, es cendol, es poteng dan es kelapa muda.

Meski jajanan pasar ini tak hanya hadir saat bulan Ramadan saja, akan tetapi es pisang ijo sudah jadi salah satu kuliner identik yang kerap dijadikan menu takjil saat puasa. Sama seperti kolak pisang, es pisang ijo juga menggunakan pisang sebagai bahan utamanya yang kemudian dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

BACA: Tips memilih Makanan dan Minuman saat Berpuasa

Rasanya manis, gurih dan segar karena perpaduan dari pisang, vla atau bubur sumsum, sirup DHT atau cocopandan serta es serut.

Kuliner ini cocok banget untuk dijadikan menu berbuka puasa karena kesegarannya akan memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya.

Berikut resep dan cara mudah membuat es pisang ijo, seperti dilansir sulselekspres.com dari cookpad.com.

Bahan kulit:
1. 100 gram tepung terigu
2. 100 ml air
3. 1 sdt margarin
4. Garam secukupnya
5. Pasta pandan secukupnya
6. 3 buah pisang raja ukuran sedang

Bahan vla atau bubur sumsum:
1. 200 ml santan (santan kara 65 ml + air)
2. 25 gram gula pasir
3. 3 sdt tepung terigu
4. Garam secukupnya
5. Vanili cair secukupnya

Bahan lain:
1. Es batu atau es serut secukupnya
2. Sirup DHT atau sirup cocopandan secukupnya

Cara membuat:
1. Untuk membuat kulitnya, pertama siapkan panci lalu rebus air, margarin, garam dan pasta pandan. Rebus sampai mendidih lalu kecilkan api, masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat. Matikan api.

BACA JUGA :  PDAM Gratiskan Suplai Air di Rumah Ibadah Selama Ramadan

2. Setelah adonan sudah agak dingin, remas-remas adonan hingga semua menyatu. Jika warnanya kurang hijau bisa menambahkan pasta pandan.

3. Kupas pisang lalu bungkus dengan adonan kulit tadi.

4. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi dengan minyak di dalam wadah pisang agar pisang tidak lengket. Lalu kukus selama 10-15 menit. Angkat dan potong-potong sesuai selera.

5. Untuk membuat vlanya, pertama rebus santan, gula, garam dan vanili cair. Aduk dengan whisker sampai mendidih. Kemudian larutkan tepung dengan air. Saat santan sudah mendidih, masukkan larutan tepung sambil diaduk terus dengan whisker sampai mengental dan mendidih. Matikan api.

6. Siapkan mangkuk atau piring. Letakkan pisang, es batu atau es serut dan vla.

7. Tuangkan sirupnya dan es pisang ijo pun siap disajikan. Selamat mencoba!

spot_img

Headline