23 C
Makassar
Jumat, April 16, 2021
BerandaRagamManfaat Puasa saat Flu

Manfaat Puasa saat Flu

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Puasa sendiri ternyata bermanfaat untuk mengatasi flu.

Ketika puasa, tubuh mengandalkan energi cadangan agar fungsi organ tetap berjalan dengan normal. Jika dalam keadaan normal tubuh mengandalkan gula yang ada di dalam darah, namun dalam keadaan puasa tubuh mengandalkan simpanan gula yang ada di dalam otot dan hati.

Cadangan gula ini hanya membuat tubuh bertahan antara 24-48 jam, apabila tidak ada gula yang masuk, tubuh akan menggunakan lemak dan protein untuk menggantikan sumber energi.

BACA: Pisang Ijo Menu Andalan Saat Buka Puasa, Begini Cara Buatnya

Ketika menggunakan lemak dan protein sebagai sumber utama energi, hal itu akan membuat tubuh mengeluarkan zat keton. Zat keton inilah yang dianggap dapat berdampak baik bagi sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, puasa saat flu justru dapat mengurangi peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Namun, jika zat keton yang dihasilkan tubuh terlalu banyak, maka dampak negatif bisa terjadi pada kesehatan Anda.

Puasa Membantu Anda Sembuh dari Flu

Berikut ini adalah tiga hipotesis mengapa puasa justru membuat Anda terhindari dari flu seperti dilansir sulselekspres.com dari DokterSehat, di antaranya:

Dari perspektif evolusi, saat tubuh menahan rasa lapar hal itu akan membuat Anda untuk menghilangkan kebutuhan untuk makan. Kondisi ini akan menghemat energi dan memungkinkan tubuh untuk fokus melawan infeksi.

Puasa membuat Anda membatasi asupan nutrisi yang masuk ke tubuh seperti zat besi dan seng–di mana kedua zat tersebut dibutuhkan agen penular untuk bertumbuh dan menyebar.

Saat tubuh Anda terinfeksi, otomatis nafsu makan akan menurun. Menurunnya nafsu makan ini adalah cara tubuh untuk menghilangkan sel yang terinfeksi melalui proses yang dikenal sebagai cell apoptosis. Sebuah studi menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan dari infeksi bakteri, tetapi tidak dengan infeksi yang disebabkan oleh virus.

- Advertisment -

Headline