27 C
Makassar
Sunday, April 21, 2024
HomeEkbisPLUT Sulsel Tuan Rumah Pelatihan Manajemen Produk Halal dan Digitalisasi Pemasaran

PLUT Sulsel Tuan Rumah Pelatihan Manajemen Produk Halal dan Digitalisasi Pemasaran

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan tuan rumah penyelenggaraan Pusat Layanan Usaha Terpadu Educational Center (PLUTEC) “Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan Manajemen Produk Halal bagi KUMKM dan Wirausaha”.

Kegiatan ini digelar secara hybrid dengan 30 peserta secara offline di gedung PLUT Sulsel dan ratusan lainnya melalui zoom pada Kamis (23/6/2022).

Pembukaan pelatihan oleh Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM RI, Irwansyah dan sambutan Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kemenko Perekonomian, Bapak Chairul Saleh yang dialkukan secara virtual.

Di gedung PLUT Sulsel hadir langsung Kepala Bidang Pengembangan Kewirausahaan Kemenko Perekonomian, Abdul Ghofar, Mewakili Kadis Kepala UPT PLUT Sulsel, Indriastuti Saggaf, perwakilan Kemenkop UKM, Asep Abdullah, Perwakilan Gojek Indonesia Timur, Khoemeni dan konsultan PLUT Sulsel.

Asdep Ekobis Kemenkop UKM RI, Irwansyah mengatakan, kegiatan di PLUT Sulsel ini memperkuat peran dan fungsi PLUT-KUMKM melalui New PLUT KUMKM dengan paradigma baru dan orientasi pengelolaan PLUT yang lebih ramah UMKM dalam mewujudkan Future of SME yaitu mewujudkan wirausaha mapan, usaha yang inovatif dan berkelanjutan.

Asdep Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan kewirausahaan Kemenko Perekonomian, Chairul Saleh mengatakan, Indonesia memiliki potensi menjadi pemasok produk halal global, mengingat mayoritas penduduknya muslim dan memiliki banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tumbuh. Namun, menjadi produsen produk halal untuk rantai pasok global memiliki tantangan.

Pemerintah terus tingkatkan daya saing UMKM sekaligus mengembangkan industri halal dengan memanfaatkan digitalisasi. Hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan potensi besar UMKM Indonesia yang diprediksi menjadi UMKM terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025, tambahnya.

Kepala UPT PLUT Sulsel, Indriastuti Saggaf sangat mengapresiasi adanya kolaborasi nyata lintas kementerian, serta pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan, serta tranformasi digital koperasi, UMKM serta wirausaha. “kegiatan ini sangat strategis seiring pandemi yang semakin terkendali yang menuntut UMKM bisa bertahan, bangkit dan bertumbuh, salah satunya dengan melakukan sertfikasi halal dan digitalisasi,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung di gedung PLUT Sulsel ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, 5 (lima) marketplace, dan 6 (enam) Pemerintah Daerah.

PLUT Sulsel merupakan lokasi ke-4 pelaksanaan kegiatan setelah sebelumnya digelar di Bangka Belitung, Cianjur dan Batam, lalu akan menyusul PLUT kota Batu-Malang dan PLUT Bali. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi UMKM dalam isu pemasaran digital dan manajemen produk halal dan mensosialisasikan perizinan tunggal bagi UMK dan sertifikasi halal.

spot_img

Headline

Populer

spot_img