24 C
Makassar
Kamis, Januari 27, 2022
BerandaMetropolisRatusan Warga Lakukan Perekaman KTP el di Mall Nipah

Ratusan Warga Lakukan Perekaman KTP el di Mall Nipah

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP el) dan pembuatan akta kelahiran, di Nipah Mall Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Kamis (27/12/2018).

Dari pantauan, sekitar ratusan masyarakat Kota Makassar baik yang muda maupun tua datang ke Mall Nipah Makassar untuk melakukan perekaman E-KTP dan akta kelahiran.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar,Yarman, mengatakan bahwa perekaman hari ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia melalui Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa).

“Hingga siang ini sudah ada yang antri sekitar 200 orang,” katanya, saat ditemui disela-sela perekaman KTP el.

Dia menambahkan bahwa hingga saat ini Dukcapil Kota Makassar telah menyelesaikan sekitar 92% dari total jumlah penduduk Kota Makassar yakni 1,2 juta penduduk yang wajib memiliki KTP.

“Jumlah ini akan terus bertambah. Dan jika jumlah masyarakat melonjak maka kemungkinan kami akan membuka lagi besok (jumat),” katanya.

Perekaman dengan sistem jemput bola tersebut dilakukan sesuai dengan perekaman tersebut dilakukan berdasarkan instruksi Kemendagri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fahrulloh Nomor 471.13/24150/Dukcapil tentang pelayanan jemput bola perekaman KTP-el serentak secara nasional.

Jadi, ada sekitar 514 kabupaten/kota fi seluruh Indonesia yang melakukan perekaman dengan cara jemput bola. Dia menjelaskan bahwa Mall Nipah dipilih untuk menjadi titik perekaman KTP elektronik dan pembuatan akta kelahiran lantaran memiliki ruang yang cukup besar untuk menampung warga jika jumlahnya melonjak.

Penulis: M. Syawal

BACA JUGA :  Danlantamal VI Resmikan 20 Rumah Hasil Program Bedah Rumah 
BACA JUGA
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6