33 C
Makassar
Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaHealthRekomendasi Menu Makan Malam Sehat

Rekomendasi Menu Makan Malam Sehat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sebenarnya tidak perlu sampai membiarkan perut keroncongan, karena ada kok beberapa menu makan malam yang tidak bikin gemuk. Yuk, baca rekomendasinya di sini!

1. Caesar Salad

Satu porsi Caesar salad yang terdiri dari daun romaine, daging asap, telur,dan roti crouton ini dapat memenuhi asupan serat, vitamin dan mineral untuk kamu yang sedang diet. Akan teapi agar tidak bikin gemuk, singkirkan keju dari mangkuk salad dan ganti dressing-nya dengan menggunakan minyak zaitun atau olive oil.

2. Acai Bowl

Semangkuk acai bowl juga bisa mengenyangkan perut di malam hari, tanpa membuat kamu merasa bersalah mengonsumsinya. Isinya pun terdiri dari bahan-bahan makanan yang menyehatkan, seperti pure acai, stroberi, pisang, goji beri, susu almond, chia seed, dan madu.

3. Steak Daging

Siapa bilang kalau lagi diet, kamu tidak bisa makan daging di malam hari? Bisa kok, asal kamu pilih daging sapi tanpa lemak atau lean beef. Jenis daging tenderloin juga memiliki jumlah kalori yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak akan membuat kamu gemuk.

Menambahkan daging merah dalam menu makan dapat membakar kalori lebih banyak. Selain itu kandungan protein dalam daging akan memenuhi kebutuhan otot, tanpa menimbun lemak. Konsumsilah hanya 55 gram steak tenderloin ditambah dengan secangkir kentang kecil, serta salad sayur yang diberi minyak zaitun.

4. Pasta Tahu

Pilihan menu lainnya yang juga tidak kalah menggugah selera untuk kamu yang sedang diet adalah pasta tahu. Ini karena tahu memiliki jumlah kalori yang rendah. Kandungan serat dan proteinnya juga dapat membantu melancarkan pencernaanmu.

Sedangkan pasta akan membuatmu merasa kenyang di malam hari. Kuncinya adalah pilihlah pasta yang terbuat dari gandum utuh. Lalu tambahkan hanya sedikit garam ke pasta tahumu agar tidak membuatmu gemuk.

5. Salmon Panggang

Salah satu jenis daging yang baik dikonsumsi ketika sedang diet adalah ikan. Kandungan DHA pada ikan dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh.

Untuk menu makan malam, kamu bisa mengonsumsi 140 gram salmon panggang yang sudah dibumbui dengan setengah porsi nasi merah, setengah cangkir brokoli kukus, dan secangkir susu bebas lemak. Selain salmon, jenis ikan makarel dan sarden yang mengandung asam lemak omega-3 juga baik dikonsumsi untuk kesehatan jantungmu.

Selama ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa untuk menurunkan berat badan, makanan dalam porsi yang normal boleh dikonsumsi pada pagi hari dan siang hari, tapi tidak boleh makan sama sekali pada malam hari.

Namun, kenyataannya yang memengaruhi kenaikan berat badan bukanlah jam makan, melainkan jenis makanan, kalori yang terkandung di dalamnya, dan jenis kegiatan yang kamu lakukan untuk membakar kalori.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline