30 C
Makassar
Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNasionalRocky Gerung Heran Anies Baswedan Dilarang Lockdown Jakarta

Rocky Gerung Heran Anies Baswedan Dilarang Lockdown Jakarta

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pengamat politik Rocky Gerung ikut mempertanyakan keputusan pemerintah pusat menolak keinginan Anies Baswedan untuk memberlakukan Lockdown di Jakarta, ditengah wabah corona.

Anies Baswedan sebelumnya telah menyurati Presiden Jokowi untuk meminta pemberlakuan lockdown di Ibu Kota. Namun pemerintah pusat kemudian menolak permintaan itu, dan sekaligus mengumumkan pemberlakuan status Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Rocky Gerung mengatakan, pemerintah pusat saat ini tidak ada konsep mengatasi pandemi corona. Keinginan Anies sendiri disebut sudah seharusnya disepakati pemerintah pusat.

Terlebih karena Anies sudah menyatakan kesiapan menanggung hidup warga agar tidak mudik lebaran nantinya.

“Anies bilang di Jakarta dia yang jamin, apa problemnya lagi. Kan 3 juta orang dijamin oleh Anies, gubernur. Ya kenapa Anies tidak boleh lockdown?,” kata Rocky Gerung dilihat dalam tayangan Youtube Rocky Gerung Official, (2/4/2020).

Kesiapan Anies sebagai gubernur menjamin warga agar tidak mudik seharusnya sudah bisa menjadi dasar untuk dilakukan lockdown. “Anies lockdown saja kan dia yang jamin tuh,” tambahnya.

Dalam wawancaranya tersebut, Rocky Gerung juga menyindir wacana darurat sipil dari Presiden Jokowi.

“Yang terjadi itu pemerintah ingin virusnya pindah ke daerah. Dia mau usir virusnya pindah ke daerah, diselesaikan di daerah tapi sekaligus dia bilang daerah jangan lockdown,” ujar dia.

BACA: Isu Darurat Sipil Jokowi, Rocky Gerung: Pemerintah Pelit

Menurutnya, munculnya isu darurat sipil lantaran pemerintah tidak bisa bedakan situasi pandemi dan situasi potensi terjadinya kerusuhan.

“Kalau lockdown artinya tidak boleh ada keluar masuk disitu dan itu beban ekonominya bisa sangat berat, timbul lagi kerusuhan. Itu konyolnya, karena pemerintah tidak bisa bedaian ini situasi pandemi, situasi bencana, atau potensi rusuh,” katanya.

BACA JUGA :  Rocky Gerung Disebut Imam Besar dan Hujjatul Islam Umat 212

“Dalam kebingunan itu asal ngoming saja,” tambahnya lagi.

BACA: Dipanggil Polisi, Rocky Gerung: Konyol, Mungkin Pesanan

Stetmen darurat sipil dianggap bertolakbelakang dengan kepentingan menyelematkan banyak nyawa ditengah wabah.

Rocky menjelaskan, pemberlakukan darurat sipil artinya pemerintah tidak ada kewajiban menanggung beban ekonomi warganya.

“Pemerintah mau menghindari tugas dia untuk biayai kebutuhan ekonomi, logistik masyarakat selama 3 bulan. Karena tidak ada kawajiban pemerintah kalau darurat sipil. Logika dibelakang itu, pemerintah pelit mengeluarkan uangnya,” pungkasnya.

(*)

spot_img

Headline