30 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaHeadlineSandiaga Minta Relawan Buktikan Kecurangan Pilpres: Jangan Katanya-Katanya

Sandiaga Minta Relawan Buktikan Kecurangan Pilpres: Jangan Katanya-Katanya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno meminta para pendukung hingga relawannya untuk mengumpulkan bukti, jika menuding adanya indikasi kecurangan pada saat Pemilu 2019. Dia tak ingin kecurangan ini diutarakan tanpa bukti.

“Sekarang bagaimana menentukan bahwa ini terstruktur, ini masif, dan ini juga sistematis? Bagaimana kita semua melaporkan. Jangan kita datang hanya katanya-katanya. Bawa bukti,” kata dia, dalam sambutannya di hadapan relawan Melawai 16, di Masjid At-Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dikutip dari Detik.com, Minggu (28/4/2019).

Baca: Ingin Ditemui Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin : Saya Juga Belum Tahu Kapan

Bila menemukan indikasi, kata Sandiaga, relawan harusnya melapor, pun hal itu selaras dengan dukungan kubunya atas pendirian tim pencari fakta independen untuk membantu Bawaslu dan penyelenggara pemilu mengakomodasi temuan-temuan diduga kecurangan di lapangan.

“Bukan untuk mendelegitimasi Bawaslu atau KPU, tapi untuk membantu karena laporan itu sudah sampai ribuan. Jadi kita pastikan langkah ini kita tempuh secara konstitusional, di bawah koridor hukum, langkah kita semua harus damai dan tidak boleh kita anarkis. Kita harus sampaikan apa yang ingin kita perjuangkan,” paparnya.

Baca: Sandi Soal KPU Salah Input Data: Bukan Kesalahan Tapi Sudah jadi Pola

Sementara itu, Sandiaga juga tak luput menyoroti peristiwa ratusan petugas KPPS yang meninggal dunia saat mengawal proses Pemilu 2019.
Agar tidak terulang, Sandiaga mengimbau relawannya agar menjaga kesehatan saat melakukan pengawalan rekapitulasi C1 pasca-pencoblosan.

“Kita ingin mengirim relawan kesehatan di proses-proses pencatatan ini sehingga kesehatan para petugas kita, para pejuang kita, para relawan kita, dan semua yang mengawal. Proses ini dipastikan tidak ada lagi korban yang jatuh. Karena sudah, jangankan 300 atau 300 lebih, satu nyawa pun sangat berharga. Jadi mohon para relawan di sini, nomor satu jaga kesehatan,” katanya.

BACA JUGA :  Sentilan Halus Erick Thohir untuk Sandiaga Uno Soal Infrastruktur Tanpa Hutang
Penulis: Agus Mawan
spot_img

Headline