24 C
Makassar
Senin, Juni 27, 2022
BerandaHealthSering Insomnia, Ini Beragam Tips dan Cara Tidur Cepat 

Sering Insomnia, Ini Beragam Tips dan Cara Tidur Cepat 

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Menerapkan cara tidur cepat akan membantu tubuh terlelap sehingga terhindar dari insomnia. Kualitas tidur juga akan menjadi lebih baik dan bangun pagi dengan segar. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkannya:

Teknik Pernapasan 4-7-8

Salah satu cara agar mudah tidur adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Kamu bisa mencoba teknik pernapasan 4-7-8, dijamin bisa tidur dalam waktu 30 detik. Pada dasarnya, teknik ini dilakukan dengan mengatur napas sambil berhitung. Setelah tubuh berbaring dengan nyaman, arahkan ujung lidah ke langit-langit mulut. Kemudian, mulailah bernapas dengan mulut. Setelah beberapa kali menarik napas, tutuplah bibir kemudian tarik napas melalui hidung sebanyak 4 kali. Tahan napas selama 7 detik, secara perlahan buang napas dalam hitungan 8 detik. Ulangi cara ini hingga tubuh terasa lebih rileks kemudian tertidur.

Mendengarkan Musik

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah mendengarkan musik atau membaca buku. Mendengarkan musik disebut bisa membuat tidur lebih nyenyak karena aliran musik bisa menenangkan. Namun, jika cara ini ternyata tidak banyak membantu, sebaiknya jangan dipaksakan dan cobalah untuk menerapkan teknik relaksasi lain agar mudah tidur.

Relaksasi Otot Progresif

Relaksasi Otot Progresif atau Progressive Muscle Relaxation (PMR) bisa membantu tubuh lebih cepat terlelap. Hal ini terjadi berkat relaksasi otot. Cara melakukannya adalah dengan mengangkat alis selama lima detik hingga otot dahi terasa kencang kemudian turunkan alis ke posisi semula. Langkah kedua adalah mengencangkan otot pipi selama 5 detik. Kamu bisa melakukannya dengan cara tersenyum. Ketiga, gulingkan kedua bola mata dalam keadaan kelopak tertutup selama 5 detik. Beri jeda kemudian ulangi beberapa kali.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img

Headline