28 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaPolitikSilaturahmi di Jeneponto, IAS Sebut Sulsel Layak Punya Pabrik Pupuk

Silaturahmi di Jeneponto, IAS Sebut Sulsel Layak Punya Pabrik Pupuk

- Advertisement -

JENEPONTO, SULSELEKSPRES.COM – Kandidat bakal calon Gubernur Sulsel 2024, Dr Ilham Arief Sirajuddin yang dijuluki ‘Gubernurku’ silaturahmi di kediaman Kepala Desa Gantarang, H Nasir Nara, tidak hanya dihadiri sejumlah tokoh asal Jeneponto, tapi juga dari Bantaeng.

Dalam kesempatan itu, IAS Sulsel layak punya pabrik pupuk. Sejumlah alasan mendasar disampaikan IAS saat bersilaturahmi dengan ratusan Warga Desa Gantarang, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Jumat (13/1/2023).

IAS lalu berkisah, Sulsel saat ini sudah ditetapkan sebagai penyangga pangan nasional. Khususnya beras dan sejumlah hasil pertanian lainnya. Kebijakan pusat itu, seharusnya dibarengi dengan keberpihakan yang nyata.

BACA JUGA :  Analisa IAS soal Tren Elektabilitas Danny di Pilwali Makassar

“Seharusnya, segala hal yang berpotensi mengganggu status Sulsel sebagai penyangga bahan nasional ini diupayakan jalan keluar yang permanen. Nah, untuk kelangkaan pupuk di Sulsel yang banyak dikeluhkan petani, jalan keluar permanen itu adalah Sulsel harus punya pabrik pupuk,” ujar IAS disambut tepuk tangan warga yang memang mayoritas petani.

“Seharusnya, ada pabrik pupuk yang juga berdiri di Sulawesi. Fakta sekarang, semua pulau besar Indonesia punya pabrik pupuk, kenapa Sulawesi tidak bisa? Dan kalau bisa, idealnya memang berada di Sulsel,” kata IAS lagi.

Mengapa pabrik pupuk sangat ideal berada di Sulsel? Ternyata, di mata IAS, bukan disebabkan semata oleh demografi penduduk yang mayoritas petani.

“Pabrik pupuk itu kan bahan bakarnya gas. Sulsel ini punya itu. Kira punya gas di Sengkang. Dan saya yakin gas Sengkang itu sangat layak didorong demi kemaslahatan masyarakat Sulsel lewat pabrik pupuk,” terang Walikota Makassar 2004-2014 itu.

BACA JUGA :  AHY Harap Musda Demokrat Sulsel Tidak Menimbulkan Perpecahan Kader

Turut hadir mantan Ketua DPRD Bantaeng, Karaeng Rita, pengusaha Bantaeng Karaeng Joni dan lainnya. Sejumlah kepala desa dari dua kabupaten ini juga ambil bagian dalam silaturahmi.

Sementara itu, IAS dalam silaturahmi itu ditemani calon Bupati Jeneponto, Alamsyah Mahadi Kulle (AMK) alias Karaeng Sewang serta mantan Ketua DPRD Jeneponto, Muhammad Kasmin Malkamula alias Karaeng Gassing.

Kepala Desa Gantarang, Nasir Nara mengaku ide IAS membuat pabrik pupuk di Sulsel sangat brilian.

BACA JUGA :  Surati SBY dan AHY, IAS Bicara Siri' dan Singgung Rel Demokrasi Partai Demokrat

“Memang dibutuhkan sosok yang bisa mengeksekusi program-program yang dia canangkan. Jika IAS yang mencanangkan, kami percaya itu bisa terwujud. Dan memang pabrik pupuk ini bisa menjawab persoalan petani di Sulsel pada umumnya,” kata Nasir Nara.

Desa Gantarang adalah salah satu basis Prof Andalan pada Pilgub 2019 lalu. Di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Bantaeng ini, Nurdin Abdullah berhasil menang mutlak 98 persen.

spot_img

Headline

Populer