29 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaHeadlineSoal Corona, Habib Rizieq Serukan Toa Masjid Perdengarkan Bacaan Qur'an

Soal Corona, Habib Rizieq Serukan Toa Masjid Perdengarkan Bacaan Qur’an

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab menyerukan agar imbauan untuk tidak shalat berjamaah tidak membuat masjid benar-benar ditinggalkan.

Menurut dia, imbauan tidak shalat berjamaah di masjid untuk mencegah penyebaran virus corona harus membuat masjid menjadi sepi. “Tutup masjid bukan berarti tinggalkan masjid,” kata Habib Rizieq dalam amanat IB HRS dari Makkah yang dibenarkan oleh Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Ma’arif, Rabu (25/3/2020), dikutip dari CNN Indonesia.

Dia menyarankan beberapa hal agar masjid tetap hidup. Pertama, setiap hari petugas marbot masjid tetap menjaga kebersihan dan ketertiban masjid serta memastikan masjid tertutup untuk umum agar tidak kumpul banyak jamaah atau massa.

“Sehingga tetap terlaksana social distancing sesuai petunjuk medis,” Katanya.

Kedua, setiap hari petugas muadzin masjid tetap mengumandangkan adzan lima waktu salat seperti biasa, tanpa ada perubahan apapun. Hanya saja usai adzan disebut ditambahkan seruan Ash-Sholaatu Fii Buyuutikum yang artinya salat lah di rumah-rumah kalian.

BACA: Positif Corona Bertambah, Dinkes Minta Warga Sulsel Patuhi Imbauan Pemerintah

Ketiga, setiap hari petugas imam masjid tetap mendirikan salat lima waktu berjamaah dengan qunut nazilah bersama marbot dan muadzin tanpa ajak jamaah lain, dengan tetap jaga social distancing.

Keempat, setiap hari para pengurus masjid tetap memonitor masjid untuk memastikan bahwa tugas imam, merbot, muadzin berjalan dengan baik, serta menyiapkan pengganti jika ada yang berhalangan, sehingga fardu kifayah.

“Salat berjamaah tetap tegak dan kemakmuran masjid tetap terlaksana,” ujar dia.

Setiap hari pengurus masjid, imam, marbot, dan muadzin secara bergiliran dijadwalkan yang bagus agar tidak mengganggu ketenangan, boleh gunakan toa masjid untuk pengumuman terkait pencegahan wabah Corona dan memperdengarkan masyarakat bacaan Al-Quran, zikir dan selawat.

BACA JUGA :  Kasus Aktif Virus Corona Terus Menurun, Tapi Jangan Lengah

“Insyaallah dengan demikian Allah SWT akan menurunkan berkah dan mengangkat wabah,” pungkasnya.

(*)

spot_img
spot_img

Headline