29 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaDaerahTaufan Pawe Harap Rumah Adhyaksa Lahirkan Hukum yang Responsif

Taufan Pawe Harap Rumah Adhyaksa Lahirkan Hukum yang Responsif

PenulisLuki Amima
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Wali Kota Parepare HM. Taufan Pawe menghadiri launching dan deklarasi pencanangan rumah Adhyaksa House Of Restorative Justice Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Parepare.

Peresmian yang ditandai dengan penekanan tombol sirine serta penandatanganan pencanangan Rumah Adhyaksa oleh Taufan Pawe bersama Kajari Parepare Didit Haryono, yang didampingi Wakil Walikota Parepare, H. Pangerang Rahim, dan seluruh Forkopimda, di Taman Mattirotasi, Senin (21/3/2022).

Taufan mengatakan, pihaknya bangga dan mengapresiasi hadirnya Rumah Adhyaksa atau rumah keadilan bagi masyarakat Kota Parepare, untuk mengedepankan hukum yang responsif.

“Saya bangga dan apresiasi, rumah Adhyaksa ini hadir di Kota Parepare. Saya ingin sekali sistim penegakan hukum yang ada di Kota Parepare ini, bisa menerjemahkan dengan baik, apa keinginan pak jaksa agung. Saya salut dengan pemikiran jaksa agung, bahwa sesungguhnya keadilan itu tidak bisa dibaca di buku-buku hukum. Tapi keadilan itu, ada pada hati nuarani,” katanya.

Hadirnya Rumah Adhyaksa ini, tambah Taufan mampu diterjemahkan dengan baik oleh penegak hukum yang ada di Kota Parepare, rumah Restorative Justice ini sebagai tempat untuk untuk menyamakan bahasa.

“Karena rakyat mencari keadilan, tapi keadilan itu bisa ditempuh dengan berbagai macam cara, seperti keadilan bagaimana kita duduk bersama dengan korban, pelaku dan keluarga serta komponen stakeholder yang lain sehingga dicetuskan dan dilahirkan nilai keadilan yaitu perdamaian,” jelasnya.

Sementara, Didit menjelaskan, bahwa ini merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Jaksa agung sendiri dan ini disosialisasikan berlaku untuk seluruh indonesia.

“Baik kabupaten maupun kota, kami berupaya untuk menyiapkan rumah Adhyaksa untuk kepentingan masyarakat yaitu keadilan restorasi. Dan ini diperuntukan untuk perkara- perkara yang kita anggap ringan, yang sebenarnya tidak perlu sampai dipersidangan bisa diselesaikan melalui jalur restorasi justice. Inilah yang kami bentuk sekarang ini,” paparnya.

Rumah Adhyaksa ini dihadirkan sebagai tempat musyawarah mufakat yang telah membuka harapan, mampu menggali kearifan lokal dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai hidup dalam masyarakat serta menciptakan keharmonisan dan kedamaian masyarakat.

 

 

spot_img
spot_img

Headline