24.6 C
Makassar
Selasa, November 30, 2021
BerandaRagamTemukan Black Box Lion Air, Tim Penyelam TNI AL Sempat Putus Asa

Temukan Black Box Lion Air, Tim Penyelam TNI AL Sempat Putus Asa

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Black Box alias kotak hitam yang merupakan benda yang sangat penting milik pesawat Lion Air JT610 akhirnya ditemukan, Kamis (1/11/2018).

Kotak hitam ini ditemukan oleh Sertu Hendra, salah satu penyelam TNI AL. Sebelum ditemukan Hendra dan beberapa tim penyelam lainnya mengaku sempat putus asa saat proses pencarian.

BACA: Lion Air JT610, Tim SAR Persempit Area Pencarian

“Memang kami sempat putus asa karena serpihan pesawat tidak banyak ditemukan (dalam laut),” kata Hendra dikutip dari Merdeka.com , Kamis (1/11/2018).

Hendra mengatakan, saat menyelam, dirinya merasakan arus laut semakin kencang.
“Karena itu akan menghambat pencarian. Akhirnya kami kembali lagi (ke permukaan) untuk mempersiapkan tali. Lalu kami kembali lagi (menyelam),” ujarnya.

BACA: Panglima dan Kabasarnas Pimpin Langsung Operasi SAR Korban pesawat Lion Air

Namun, dia beserta seluruh rekannya terus mengikuti petunjuk dan menyisir lokasi hingga mengerucutkan area pencarian di kedalaman 30 meter.

“Area semakin kecil lalu alatnya mengeluarkan reaksi dari sensitif tersebut. Akhirnya kami gali dan kami temukan black box,” ungkapnya.

Saat ditemukan, kata Hendra, kondisi black box masih dalam keadaan utuh. “Kondisi utuh kemudian hanya lecet-lecet dan terendam lumpur,” tutur Hendra.

Penulis: Muhammad Adlan
BACA JUGA :  Parlemen AS Kecam Trump Terkait Bantuan Virus Corona
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3