BerandaRagamTertunda 4 Jam, 452 Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Sudiang

Tertunda 4 Jam, 452 Jamaah Haji Kloter Pertama Tiba di Sudiang

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM -Jamaah haji kloter pertama yang berjumlah 452 tiba di Asrama Haji Embarkasi Makassar, Jalan Asrama Haji Sudiang, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Selasa (28/8/2018).

Mereka tiba di Asrama Haji Embarkasi Makassar, sekitar pukul 17.15 Wita. Waktu itu molor selama empat jam dari yang dijadwalkan sebelumnya yakni pada pukul 12.55 Wita oleh penyelenggara haji.

Sekertaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar, Kaswad Sartono, mengatakan bahwa keterlambatan tersebut lantaran jamaah yang akan pulang bukan hanya dari Indonesia saja tapi seluruh negara.

BACA: Masjidil Haram Badai Pasir saat Jamaah Haji Tunaikan Shalat Maghrib

“Memang Biasa di kloter pertama itu selalu delay. Karena hampir seluruh negara memulangkan jamaahnya di waktu yang hampir bersamaan,” katanya, saat ditemui disela-sela kedatangan jamaah kloter pertama.

Jamaah haji yang tergabung dalam kloter pertama ini berjumlah 452 orang. Jumlah itu berkurang dari pemberangkatan awal sebanyak 455 orang. 3 di antaranya saat ini masih masih berada di tanah suci Mekah karena terkendala kondisi kesehatan.

“Sebenarnya di pemberangkatan awal ini sit nya hampir penuh namun ada satu orang yang mengalami sesak nafas saat akan berangkat sehingga tidak diikutkan, dan dua orang keluarganya ikut menemani,” katanya.

Beberapa jamaah dari embarkasi Makassar saat tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin diangkut dengan menggunakan ambulans menuju ke Asrama Haji Embarkasi Makassar.

Terhitung ada sebelas jamaah haji yang diangkut dengan ambulans dan langsung dibawa ke Klinik kesehatan Asrama Haji Sudiang. 3 laki-laki dan dan 8 jamaah perempuan. Kebanyakan berusia lanjut. “Mereka kelelahan. Karena penerbangan selama sebelas jam itu bukan hal yang mudah,” jelasnya.

PenulisM. Syawal