24 C
Makassar
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaHealthTetap Waspada, Miliki Kartu Vaksin Bukan Jaminan Bebas Covid-19

Tetap Waspada, Miliki Kartu Vaksin Bukan Jaminan Bebas Covid-19

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Usai mendapatkan vaksin Covid-19 tak menjadikan seseorang bisa bebas berkeliaran tanpa protokol kesehatan.

Kartu vaksin hanya sebagai bukti seseorang telah mendapatkan vaksin, bukan jaminan bebas dari virus corona. Orang yang sudah menerima vaksin tetap memiliki potensi tertular atau menularkan virus berbahaya ini.

Sejumlah hasil penelitian menyebutkan kalau vaksin adalah solusi perlindungan terbaik dari virus ini, namun vaksin tidak melindungi hingga 100 persen. Artinya, orang yang sudah menerima vaksin tetap bisa tertular dan menularkan.

Spesialis penyakit menular Lyssette Cardona, MD mengingatkan kita agar tidak lengah. Kendati sudah divaksin, ada kemungkinan masih dapat terinfeksi virus.

“Jika Anda sudah divaksinasi lengkap berarti Anda menyelesaikan serangkaian vaksin Covid-19 seperti yang dianjurkan untuk perlindungan terbaik terhadap komplikasi parah seperti rawat inap dan atau kematian.” katanya.

“Tidak ada vaksin yang menawarkan perlindungan 100 persen terhadap penyakit, namun memberikan Anda kesempatan lebih baik untuk melawan konsekuensi menular dari terpapar virus SARS-CoV2,” tuturnya lagi.

Meskipun demikian, hasil penelitian ini juga menunjukkan jika orang yang sudah mendapat dosis vaksin penuh memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebarkan virus ke orang lain.

Seperti diketahui, memiliki kartu vaksin juga sebagian dijadikan syarat untuk mendapat akses layanan publik. Diantaranya ditempat perbelanjaan.

Kartu vaksin sendiri bisa didapatkan setelah seseorang sudah mendapatkan vaksin penuh. Kartu ini didapatkan secara online melalui aplikasi PeduliLindungi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri sudah meminta semua orang yang telah divaksin penuh corona tetap memakai masker. Protokol kesehatan mesti tetap dijalankan.

“Orang tidak bisa merasa aman hanya karena mereka disuntik dua dosis (vaksin). Mereka masih perlu melindungi diri mereka sendiri,” kata Asisten Direktur Jenderal WHO untuk Akses ke Obat-Obatan dan produk kesehatan, Dr. Mariangela Simao dikutip CNBC Internasional.

BACA JUGA :  Awas ! Bahaya Minum dan Kencingi Air Kolam Renang bagi Kesehatan

“Vaksin saja tidak akan menghentikan penularan komunitas,” ujar dia lagi.

Menjaga kesehatan mesti tetap harus dilakukan. “Masyarakat perlu terus menggunakan masker secara konsisten,” pungkasnya.

(yusdin)

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.064,5
EUR
16.313,5
JPY
123,0
KRW
11,9
MYR
3.382,5
SGD
10.430,7