24 C
Makassar
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaHealthTips Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Wajah merupakan salah bagian tubuh yang paling pertama menjadi perhatian dalam berkomunikasi langsung. Untuk itu, banyak orang berusaha menjaga agar kulit wajah tetap terawat dan sehat.

Banyak faktor yang memengaruhi kondisi dan kesehatan kulit wajah, maka perlu juga diketahui langkah-langkah untuk merawat wajah. Dilansir dari halodoc.com, berikut langkah menjaga kulit wajah:

  1. Pilih Produk yang Tepat 

Hal yang paling penting dilakukan untuk mendapat kulit wajah terawat adalah rutin membersihkannya. Maka dari itu, penting untuk memilih produk pembersih wajah yang tepat, yaitu sesuai dengan kondisi kulit. Sebab, berbeda jenis kulit akan berbeda pula jenis produk perawatan yang dibutuhkan.

  1. Jangan Lupa Cuci Muka 

Rutin mencuci muka bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Biasakan untuk selalu membersihkan wajah, setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur atau saat dibutuhkan, misalnya setelah mengenakan make-up. Pastikan juga untuk mencuci muka dengan cara yang benar:

  • Awali dengan membasuh wajah dengan air hangat,
  • Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit,
  • Campurkan sabun dengan air di telapak tangan,
  • Bersihkan wajah dengan melakukan pijatan melingkar secara lembut,
  • Bilas wajah dengan air bersih,
  • Keringkan wajah dengan handuk bersih.
  1. Gunakan Pelembap

Jangan lupakan pelembap wajah. Gunakan produk perawatan ini setelah mencuci muka untuk menjaga kesehatan kulit wajah serta kelembapan alami kulit.

Pelembap wajah yang baik biasanya mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk mengembalikan struktur dan kelembapan alami kulit wajah, menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit.

  1. Lindungi dengan Tabir Surya 

Jika harus ke luar rumah atau beraktivitas di bawah paparan sinar matahari, jangan lupa lindungi kulit dengan tabir surya atau sunscreen. Produk kecantikan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa memicu perubahan warna kulit, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Pilihlah tabir surya khusus wajah, dengan SPF 30 dan gunakan secara rutin.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat 
BACA JUGA :  Cara Mengatasi Lemas saat Puasa

Tidak hanya dari luar, perawatan untuk kesehatan kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Faktanya, mengonsumsi makanan bergizi seimbang bisa menjadi cara sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit.

Selain itu, lengkapi juga dengan membatasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, hindari kebiasaan merokok, rutin berolahraga, kelola stres dengan baik, serta cukup beristirahat.

 

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.064,5
EUR
16.313,5
JPY
123,0
KRW
11,9
MYR
3.382,5
SGD
10.430,7