25 C
Makassar
Kamis, Januari 27, 2022
BerandaHeadlineTito Ungkit Pihak Asing di balik Kerusuhan Papua

Tito Ungkit Pihak Asing di balik Kerusuhan Papua

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Campur tangan pihak asing diduga kuat ada dibalik kerusuhan yang terjadi di Papua beberapa waktu terakhir.

Kapolri Jenderal Pol, Tito Karnavian hal ini. Menurut dia, ada kelompok masyarakat yang terlibat aksi anarkis di Papua dan Papua Barat memiliki hubungan dengan pihak asing, atau organisasi di luar negeri.

“Ada. Kita sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional,” kata Tito seperti yang dikutip dari CNNIndonesia, Minggu (1/9/2019).

Polri saat ini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menangani masalah tersebut. Pihak yang diduga menggerakan kericuhan di Papua sudah diketahui.

Baca juga:

Papua Rusuh, Wiranto Minta Aparat Tak Gunakan Peluru Tajam Halau Pendemo

Mahasiswa Papua di Makassar Sayangkan Gubernur Jatim Minta Maaf Lewat Sosmed

Mayor Irianto Tak Diperiksa Sendirian Soal Makian Rasial Papua, Tapi…

“Pihak-pihak yang diduga menggerakkan sudah dipetakan dan sedang didalami. Kalau misal terbukti (terlibat), akan ditindak secara hukum,” ucapnya, menegaskan.

Diketahui, sebanyak 6.000 pasukan gabungan TNI-Polri telah diperbantukan untuk menjaga wilayah timur Indonesia itu. Mereka disebar di beberapa titik di antaranya Jayapura, Nabire, Paniai, Deiyai, Manokwari, Sorong dan Fakfak.

BACA JUGA :  Begini Prediksi Mahasiswa Papua Soal Blokade Mimika
BACA JUGA
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6