25 C
Makassar
Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaEdukasiUnhas dan UNM Tegaskan Tak Ada Kenaikan UKT Ditengah Pandemi Covid-19

Unhas dan UNM Tegaskan Tak Ada Kenaikan UKT Ditengah Pandemi Covid-19

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menegaskan tidak boleh ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) ditengah wabah Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud RI, Nizam, dalam siaran media, Rabu (3/6/2020).

Menanggapi hal tersebut, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di kota Makassar, Universitas Hasanuddin dan Universitas Negeri Makassar, menegaskan tidak akan ada kenaikan UKT dimasa pandemi Covid-19 ini.

Untuk Universitas Negeri Makassar (UNM), menegaskan jumlah UKT yang harus dibayarkan mahasiswa masih tetap sama seperti semester sebelumnya.

“Kita tidak ada. Tidak pernah menaikkan UKT. Sesuai pendapatan saja. UKT itu kan sesuai pendapatan orang tua saja,” terang Prof Muharram, selaku wakil rektor I UNM.

Terkait penurunan jumlah UKT mahasiswa, Muharram mengatakan bahwa hal itu sesuai dengan pengajuan yang masuk. Ini juga berlaku untuk proses cicilan dan penundaan pembayaran UKT.

“Kalau soal penurunan, harus ada pengajuan dulu dari mahasiswa. Kalau ada pengajuan bahwa mahasiswa itu terkena dampak Covid-19, baru kita verifikasi, survei faktual,” terangnya, Rabu (3/6/2020) siang.

“Soal cicilan UKT juga begitu. Kalau ada yang mengajukan, kita proses. Kita cek dulu apa benar mahasiswa itu terkena dampak Covid-19 atau bagaimana.”

“Kan ada prosedurnya. Jadi harus dipastikan dulu. Tidak bisa juga langsung diturunkan semua UKT nya, tidak benar kalau begitu,” tegasnya kepada Sulselekspres.com.

Selain UNM, Universitas Hasanuddin (Unhas) juga mengaku tidak ada kenaikan UKT. Hal itu disampaikan oleh kepala bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Unhas, M Ishaq.

“Iya tidak ada kenaikan. Untuk UKT kita masih tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sama sekali tidak ada kenaikan UKT,” ujar Ishaq kepada Sulselekspres.com, Rabu (3/6/2020) siang.

BACA JUGA :  Syamsu Alam: UNM Fokus Bangun Ekosistem Bisnis Digital

Terkait penurunan biaya UKT, Ishaq mengatakan sejauh ini belum bisa dipastikan, sebab pihak kampus belum melakukan rapat koordinasi.

“Sampai sekarang saya belum monitor informasinya dari bagian keuangan, tapi biasanya ada mahasiswa yang begitu (meminta penurunan biaya UKT),” ujarnya.

“Ini kita mau rapat koordinasi dulu, hari Selasa depan. Nah di situ nanti dilihat apakah ada yang mengajukan atau tidak. Kalau ada, baru dilakukan assesment apakah dia layak diberikan atau tidak,” terangnya.

Dengan begitu, bisa dipastikan tidak akan ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di PTN yang ada di kota Makassar.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.230,8
EUR
16.574,3
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.428,8
SGD
10.556,7