BerandaEdukasiUnimerz Beri Pelatihan dan Pendampingan Terhadap Lansia di Gowa

Unimerz Beri Pelatihan dan Pendampingan Terhadap Lansia di Gowa

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar tidak pernah berhenti memberikan pengabdiannya kepada masyarakat. Semua kalangan mereka sasar, mulai dari anak-anak, pemuda, sampai dengan lanjut usia (Lansia).

Kali ini, Unimerz melalui Program studi S1 Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Lansia) Gau Mabaji, Kabupaten Gowa.

Pengabdian masyarakat di Balai Rehabilitasi Lansia Gau Mabaji Kab Gowa pada, Kamis (3/6/2021) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keluarga menuju lansia sehat. Bentuk kegiatan yang diusung adalah:

1. Mengajarkan screening kaki diabetes pada keluarga untuk mencegah luka kaki diabetes pada pasien DM (Lansia).
2. Mengajarkan keluarga lansia cara menstimulasi saraf pada lansia yang mengalami stroke dengan meramas/ memijat bola.
3. Mengajarkan keluarga cara pencegahan dekubitus pada lansia hang tirah baring lama dengan memanfaatkan virgin coconut oil (minyak kelapa tanak).
4. Melakukan penyuluhan pencegahan Covid-19 dengan 3 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

Menurut keterangan ketua panitia pelaksana,Juhelnita Bubun, S.Kep.,Ns.,M.Kep, mengatakan, keguatan ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Unimerz dalam memberikan dedikasinya.

“Inilah wujud pengabdian kami. Kami tidak pernah tebang pilih dalam mengabdikan diri, semua kita abdikan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kami,” jelasnya.

Sementara Dekan FKK, Dr. Syamsuriati, S.ST., SKM.,M.KES, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pengabdian masyarakat ini. Ia berharap, kegiatan serupa bisa dilakukan secara rutin, agar bisa memberi lebih banyak manfaat kepada masyaraka.

“Semoga kegiatan kerjasama ini bisa dilaksanakan rutin sebagai pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita tentu ingin memberi manfaat sebesar mungkin kepada masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dirangkaian dengan penandatangan MoU antara UNIMERZ dengan Balai Rehabilitasi Sosial lanjut Usia (BRSLU) Gau Mabaji Kabupaten Gowa.

Menurut wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Hubungan Masyarajat, Dr. Hairuddin Kudding, S.S., SKM., M.Kes, kerjasama ini dilakukan untuk memberikan akses lebih mudah dalam mewujudkan setiap misi pengabdian Unimerz.

Oria yang akrab disapa pak Boy itu berharap,kegiatan ini bisa berlanjut dan berjalan secara berkesinambungan dalam waktu yang lama.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah oetinggi Unimerz Makassar dan Yayasan Islam Megarezky, seperti sekretaris YPI-MRM, Abdul Bahri Majid, SE., M.SI, wakil rektor IV Dr. Hairuddin K S.S.,SKM.,M.KES, wakil Rektor II, Drs. Abd. Rahman, S.Pdi.,M.Si.,M.Pdi.

Selain itu, hadir pula Dr.Syamsuriyati, S.ST.,SKM.,M.KES selaku Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, kemudian Ilcham SYarief Kadim, S.Kep.,Ns.,MSN selaku Wakil Dekan I, Irwansyah, S.Kep.,MSN,Syaiful S.Kep., Ns.,M.Kep., selaku Ketua Prodi S1 Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners.

Tidak ketinggalan juga Alfyian Rahim, S.Kep,Ns.,MSN, selaku Sekretaris Prodi S1 Keperawatan, Indargairi, S.Kep.,Ns.,M.Kep, Juhelnita Bubun, S.Kep.,Ns.,M.Kes, srlaku Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat, juga para dosen, staff serta mahasiswa S1 Keperawatan dan pendidikan peofesi ners.

Pihak Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Gau Mabaji, kabupaten Gowa, sangat senang dan berterima kasih kepada Unimerz karena trlah memilih mereka sebagai lokasi pengabdian.

“Terima kasih kepada bapak pembina YPI-MRM, Ibu Ketua YPI-MRM, Rektor UNIMERZ, DPW in WOCNA Sulawesi Selatan, ETN Center Indonesia atas Segala Support dan dukungannya.” ujarnya.