24 C
Makassar
Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaNasionalWiranto Pastikan Tidak Ada Kecurangan Dalam Pemilu 2019

Wiranto Pastikan Tidak Ada Kecurangan Dalam Pemilu 2019

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – usai memimpin rapat koordinasi tentang keamanan pascapemilu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, memastikan tidak ada kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Kok kita sendiri yang malah menuduh bahwa pemilu itu ada kecurangan terstruktur, sistematis, masif, tambah brutal lagi. Itu tidak benar. Saya katakan tidak benar karena saya sebagai Menko Polhukam kalau itu ada tentu saya tahu dan saya masuk di dalamnya sebagai aktor,” kata Wiranto,dilansir dari Kompas.com, di Kantor Kementerian Polhukam, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Kata Wiranto, banyak negara yang justru mengapresiasi Indonesia karena sukses menyelenggarakan pemilu serentak yang sering dikatakan sistem pemilhan yang rumit, namun di Indonesia sendiri, tudingan kecurangan pemilu, justru dialamatkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah. Hal tersebut, malah mebuatnya kebingungan.

“Ada utusan-utusan (luar negeri) untuk memantau pelaksanaan pemilu di Indonesia yang dikenal dengan pemilu yang terbesar, serentak satu hari, sulit, tapi toh dapat dilaksanakan dengan baik,” ujar Wiranto.

Karenanya itu, Wiranto mengatakan, jika ada masyarakat yang tidak setuju dengan hasil pemungutan suara, mereka bisa menyelesaikannya melalui proses hukum yang telah disediakan.

“Kalau ada kekurangan atau selisih suara yang perlu diperdebatkan, ada Mahkamah Konstitusi di sana. Jadi kita sudah antisipasi bahwa kalau kecurangan itu kalaupun ada itu wadahnya ada. jangan kemudian menuduh sepihak seakan terjadi seperti itu,” tegas Wiranto.

Penulis : Efrat Syafaat Siregar 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline