27 C
Makassar
Monday, May 20, 2024
HomeHealth10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan

10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas. Udaranya mengandung zat yang larut bersama air. Karena inilah mandi di pagi hari bisa memberikan manfaatnya tersendiri bagi tubuh.

Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan produktivitas. Alasannya, karena paparan air yang menyentuh kulit bisa membuat tubuh dan pikiran lebih cepat ‘terbangun’.

Ditambah lagi, paparan air dingin juga mampu mendukung metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil. Jika dilakukan secara rutin, mandi pagi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh keseluruhan.

Manfaat Mandi Pagi bagi Kebugaran Tubuh

Salah satu cara agar tubuh lebih segar dan bersemangat sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Sayangnya, karena terburu-buru atau tidak menyukai air dingin, beberapa orang lebih memilih untuk melewatkan aktivitas ini.

Padahal, terdapat beragam manfaat mandi pagi yang sayang untuk dilewatkan, misalnya:

1. Meningkatkan energi

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One, menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat saat mandi pagi hampir sama dengan energi yang didapat setelah mengonsumsi kafein.

Ini dikarenakan saat air dingin menyentuh kulit, tubuh akan meresponsnya dengan “bernapas” karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Alhasil, darah akan terpompa cepat ke seluruh tubuh dan detak jantung meningkat, sehingga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

2. Memperbaiki suasana hati

Mandi adalah kebiasaan hidup sehat yang tidak hanya membersihkan tubuh, melainkan juga pikiran. Kegiatan ini dapat menstimulasi titik biru di otak yang merupakan sumber noradrenalin. Ini merupakan zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi.

Selain itu, ketika terjadi kontak antara kulit dengan air dingin saat mandi pagi, secara otomatis tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Adanya hormon tersebut dapat mengurangi rasa sakit, memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Air dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah mengelilingi organ tubuh. Ketika air menyentuh tubuh, akan terjadi peningkatan kinerja arteri dalam memompa darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kondisi ini juga dapat memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, manfaat mandi pagi lainnya juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan berbagai virus dan bibit penyakit.

4. Memperbaiki kondisi kulit dan rambut

Jika sering mengalami kulit kusam dan rambut rontok, kamu bisa mencoba mandi pagi secara rutin. Cara ini dapat menjaga melembapkan dan mengencangkan pori-pori, kulit kepala. Dengan begitu, dapat mencegah kotoran masuk yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit.

5. Membantu meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat mandi pagi lainnya adalah meningkatkan fungsi kognitif otak. Kegunaannya dapat berupa memaksimalkan konsentrasi dan memori, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar stres dalam tubuh.

6. Melancarkan peredaran darah

Mandi pagi dapat menurunkan risiko hipertensi, varises, dan mengerasnya pembuluh darah. Alasannya karena mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah ke seluruh tubuh.

7. Meningkatkan sel darah putih

Jika sel darah putih dalam tubuh meningkat, hal ini sejalan dengan kemampuan daya tahan tubuh dalam melawan virus. Tubuh menjadi lebih prima dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

8. Meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Kondisi ini alhasil dapat meningkatkan kesuburan dan gairah seksual.

9. Mengurangi tingkat stres

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah menurunkan tingkat stres. Dengan mulai membasahi tubuh dengan air di pagi hari, cara ini bisa meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Dengan begitu, kadar stres berlebihan bisa menurun.

10. Terhindar dari rematik

Mencegah rematik jadi manfaat mandi pagi yang terakhir. Jika mandi malam dapat memicu masalah ini, berbeda dengan mandi pagi. Alasannya karena di dalam air pagi hari terkandung karbondioksida yang berbeda pada malam hari.

Tak hanya pagi hari, kamu juga perlu mandi setelah beraktivitas di luar ruangan.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img