27 C
Makassar
Thursday, May 23, 2024
HomeHealth11 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

11 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Semangka menjadi salah satu buah dengan banyak penggemar di seluruh dunia. Buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini memiliki rasa yang segar dan manis, sehingga banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Buah ini juga mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja khasiat buah semangka untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya!

Kandungan Gizi dalam Buah Semangka

Sebuah penelitian menggunakan metode analisis kimia untuk mengukur kadar nutrisi dalam buah semangka, dan studi klinis untuk mengevaluasi efek kesehatan dari konsumsi buah semangka pada manusia.

Berdasarkan penelitian yang tertulis melalui International Journal of Fruit Science, buah semangka memiliki kandungan:

Air yang tinggi sekitar 92%.

Karbohidrat sekitar 7%.

Protein sekitar 1%.

Lemak sekitar 0,2%.

Serat sekitar 0,4%.

Buah semangka juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan asam folat, serta mineral seperti kalium dan magnesium.

Selain itu, buah semangka juga mengandung senyawa fitokimia seperti likopen dan citrulline, yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Cari tahu lebih banyak mengenai kandungan nutrisi dalam semangka melalui artikel ini “Kandungan Vitamin yang Terdapat dalam Buah Semangka”.

Apa Khasiat dari Buah Semangka?

Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah ini, membuat kamu akan merasakan berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan. Berikut manfaatnya untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Semangka mengandung senyawa antioksidan dan lycopene yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lycopene dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain itu, buah ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi

Melansir dari Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology, kandungan senyawa yang disebut citrulline dalam buah ini membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh.

Oksida nitrat dapat membantu melonggarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Mengoptimalkan kesehatan arteri

Semangka mengandung asam amino arginin, yang dapat membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh.

Oksida nitrat dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh, sehingga membantu menjaga kesehatan arteri.

4. Mengurangi kadar kolesterol

Buah ini mengandung serat yang tinggi dan sangat rendah lemak jenuh. Sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga semangka dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara ini.

5. Menjaga keseimbangan elektrolit

Buah ini mengandung banyak elektrolit seperti kalium dan magnesium. Keduanya mampu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Keseimbangan elektrolit yang baik dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah kelainan irama jantung.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Buah semangka mengandung vitamin A, C, dan lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buah ini mengoptimalkan kesehatan sel pada mata.

Selain itu, antioksidan mampu melindungi kesehatan mata dari paparan radikal bebas yang memicu degenerasi makula. Kandungan air dalam semangka pun mampu menghidrasi mata sehingga menjaga kelembapan mata.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan C pada semangka dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, buah ini juga mengandung air yang sangat tinggi sehingga dapat membantu dalam menjaga hidrasi kulit tetap optimal. Asam amino dalam semangka juga membantu produksi kolagen pada kulit meningkat.

Semangka mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan dapat menyebabkan kulit terlihat merah dan bengkak, tetapi dengan mengonsumsi semangka, kulit dapat menjadi lebih tenang dan tampak lebih sehat.

Ketahui berbagai manfaat semangka untuk kecantikan melalui artikel ini: Manfaat Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan.

8. Menurunkan risiko kanker

Lycopene pada semangka memiliki efek antikanker dan membantu melindungi tubuh dari risiko kanker.

Likopen membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang menyebabkan perkembangan sel kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan likopen, termasuk semangka, dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat.

Selain itu, kandungan vitamin C melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan ini juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat dapat membantu tubuh melawan perkembangan sel kanker.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Semangka mengandung vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat membantu mempercepat pengeluaran racun dari tubuh melalui urin, sehingga menjaga kesehatan ginjal.

11. Menghidrasi tubuh dengan baik

Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik adalah hal penting agar tubuh berfungsi secara optimal. Mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi menjadi salah satu cara yang bisa membantu kebutuhan cairan terpenuhi setiap harinya.

Selain semangka, cari tahu buah lain yang bisa menambah cairan tubuh pada artikel ini: Cicip 7 Buah Ini untuk Tambah Cairan Tubuh.

Apa Manfaat Buah Semangka bagi Pria?

Bagi pria, buah ini juga tidak kalah bermanfaat. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan, seperti:

1. Menurunkan risiko kanker prostat

Melansir dari EXCLI journal, kandungan likopen dalam buah ini mampu menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Dengan begitu, kondisi kesehatan akan menjadi lebih optimal.

2. Mencegah disfungsi ereksi

Belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menyatakan bahwa semangka secara langsung dapat menurunkan disfungsi ereksi. Namun, semangka mengandung senyawa citrulline, yang membantu meningkatkan produksi asam amino arginin dalam tubuh.

Arginin dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ genital pria dan meningkatkan fungsi ereksi.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img