24 C
Makassar
Kamis, Januari 27, 2022
BerandaNasional13 Pekerja Asing Kantongi e-KTP di Pasuruan, Discapil: Ini Sesuai

13 Pekerja Asing Kantongi e-KTP di Pasuruan, Discapil: Ini Sesuai

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – 13 Warga Negara Asing (WNA) yang mendiam dan bekerja di perusahaan penanaman modal asing (PMA) di Kabupaten Pasuruan, diketahui mengantongi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Ketigabelas WNA ini berasal dari Malaysia, Jepang, Korea, dan Inggris. Di Pasuruan, mereka tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Beji, Pandaan dan Prigen.

Mengenai itu, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko mengklaim, penerbitan e-KTP kepada 13 WNA tersebut, sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada.

Baca: Kocak! Abdul Rahman Klaim Dirinya Masih Oke Dibanding 2 Pemain Asing PSM Ini

Kata dia, e-KTP untuk WNA diatur pada Pasal 63 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

“Kami mengeluarkan e-KTP untuk 13 warga negara asing ini sesuai dengan undang-undang dan tidak ujug-ujug dapat. Namun syaratnya mereka harus 2 kali dapatkan ITAP (Izin Tinggal Tetap) dari pihak Imigrasi,” kata Yudha kepada seperti dikutip Detikcom, Sabtu (2/3/2019).

Yudha menegaskan, pemberian e-KTP tersebut merupakan terakhir kali, pun sebelumnya penerbitan tidak dilakukan pihaknya.

“Selain 13 itu, tak ada lagi WNA yang punya e-KTP,” sebut dia.

Baca: Kubu Prabowo Tuding Pembelian Saham Freeport untuk Kepentingan Asing

Kabupaten Pasuruan merupakan kawasan industri yang memiliki belasan PMA. Sehingga banyak tenaga kerja asing yang bekerja.

Para pekerja asing ini rata-rata menempati posisi top level di perusahaan yang membutuhkan keahlian khusus. Bukan pekerja biasa di tingkat produksi dan lainnya.

Penulis: Agus Mawan
BACA JUGA :  Pengambilan E-KTP Dinilai Ribet, Warga Protes Disdukcapil Makassar
BACA JUGA
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6