24 C
Makassar
Sabtu, Desember 10, 2022
BerandaHealth15 Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh

15 Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Olahraga atletik adalah kegiatan yang membutuhkan ketangkasan, kekuatan dan kecepatan. Aktivitas ini terdiri dari lari, jalan, lompat dan lempar yang diklasifikasikan dalam beberapa jenis.

Melakukan olahraga atletik secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat otot serta tulang.

Beberapa jenisnya, yakni lari sprint, lari estafet, lari cepat, maraton, lompat tinggi, lompat galah, lompat jauh, lempar cakram dan lempar lembing. Masing-masing kegiatan memiliki ketentuan yang berbeda.

Jenis-Jenis Olahraga Atletik

1. Lari Sprint

Sprint adalah kegiatan yang diklasifikasikan berdasarkan jarak. Seorang pelari akan berlari sampai ke garis finish dengan jarak 100, 200 dan 400 meter. Aktivitas ini diikuti oleh delapan pelari yang menempati jalur berbeda. Kemudian, mereka akan berlari menuju garis finish ketika wasit membunyikan peluit.

2. Lari Gawang (110m, 400m)

Format lari gawang hampir mirip dengan sprint. Pelari pelari akan berlari sampai ke garis finish dengan jarak 100 dan 400 meter. Yang membedakan, yakni mereka harus melompati rintangan ketika berlari menuju garis finish.

3. Lari Estafet

Kegiatan ini membutuhkan kerjasama dari tim dan koordinasi kecepatan. Caranya, empat pelari akan berlari dalam jarak 100 atau 400 meter dengan tongkat di tangan dan mengopernya pada rekan setim.

4. Lari Jarak Tengah dan Jauh

Lari jarak menengah menempuh jarak 800 sampai 3000 meter. Adapun, lari jarak jauh menempuh jarak 5000 dan 10000 meter. Pelari membutuhkan kecepatan dan ketahanan tubuh yang prima.

5. Jalan Cepat

Cara jalan cepat atau race walking adalah dengan melangkah cepat, bukan berlari. Jaraknya adalah 20 sampai 50 kilometer. Caranya dengan kaki depan menginjak tanah saat bagian kaki belakang diangkat untuk melangkang.

Pejalan kaki harus melakukan peraturan ini sampai ke garis finish. Jika tidak, ini dianggap pelanggaran dan pejalan kaki akan didiskualifikasi.

6. Maraton

Maraton adalah lomba lari jarak jauh dengan rentang jarak 42.195 kilometer. Aktivitas ini biasanya dilakukan di jalan raya. Olahraga yang berasal dari Yunani ini dapat ditempuh dengan berlari tanpa putus atau dengan kombinasi lari dan jalan kaki.

7. Lompat Tinggi

Cara melakukan olahraga atletik ini adalah melakukan lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar dengan ketinggian tertentu. Tinggi tiang mistar minimal 2.5 meter, sedangkan panjang mistar minimal 3.15 meter.

8. Lompat Galah

Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu yakni galah. Alat ini adalah media guna mengangkat tubuh pelompat pada ketinggian tertentu untuk melewati mistar yang mencapai 4.5 meter.

9. Lompat Jauh

Lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang pelompat. Mereka akan melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat. Kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh-jauhnya dalam bak berisi pasir.

10. Lompat Tiga Kali

Lompat tiga kali adalah salah satu cabang olahraga atletik yang bertujuan untuk mendapatkan jangkauan horizontal. Olahraga ini dikenal dengan triple jump karena memiliki 3 fase atau gerakan, yakni hop (jingkat), step (langkah) dan jump (lompat).

11. Lempar Lembing

Olahraga ini membutuhkan teknik, kecepatan dan kekuatan. Caranya dengan melemparkan lembing dengan sekuat tenaga agar benda mencapai jarak maksimal.

Ukuran panjang lembing untuk putra adalah 2.60 hingga 2.70 meter dengan berat 800 gram. Sementara ukuran panjang lembing untuk putri adalah 2.20 hingga 2.30 meter dengan berat 600 gram.

12. Lempar Cakram

Pada lempar cakram, peserta melakukan satu setengah putaran sebelum melepaskan cakram logam. Kemudian, mereka harus melempar dari dalam lingkaran berdiameter 2.5 meter dan harus mendarat di dalam sektor yang ditandai.

13. Lempar Palu

Lemparan palu adalah melempar bola logam yang melekat pada pegangan melalui kawat baja. Atlet membuat tiga atau empat putaran di dalam lingkaran berdiameter 2.1 meter sebelum melempar bola ke dalam sektor bertanda 35 derajat.

14. Tolak Peluru

Olahraga tolak peluru adalah aktivitas yang dilakukan dengan cara mendorong atau melempar beban berbentuk bola logam dari bahu. Benda ini harus mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

15. Acara Gabungan (Heptathlon, Decathlon)

Heptathlon hanya diperebutkan oleh wanita, sementara decathlon hanya dilakukan oleh pria. Heptathlon adalah kontes tujuh acara yang memberikan poin untuk setiap acara kepada peserta dan yang memiliki poin terbanyak. Sementara decathlon adalah kontes 10 acara.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer